Pasien Kelima Positif Covid-19 di Belitung Adalah Warga Bekasi

- Minggu, 10 Mei 2020 | 10:15 WIB
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

TANJUNG PANDAN, www.wowbabel.com -- Bupati Belitung, Sahani Saleh sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) di Kabupaten Belitung, menyampaikan kembali laporan terkini terkait penyebaran dan penanganan Covid-19 di Belitung.

Diinformasikan bahwa benar, pasien positif Covid-19 merupakan pasien kelima di Pulau Belitung dan ke-29 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

"Pasien 750 (61) laki-laki merupakan orang dalam pemantauan (ODP) warga Bekasi, bekerja di Dusun Air Batu, Desa Air Itam, Kecamatan Simpang Pesak, Belitung Timur (Beltim)," kata Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Minggu (10/5/2020).

Lanjutnya, pasien 750 salah satu dari 74 penumpang pesawat Sriwijaya yang terbang dari Jakarta menuju Tanjung Pandan, Senin (6/4/2020), selanjutnya yang bersangkutan menuju ke salah satu mess atau penginapan Perusahaan Tambang di Dusun Air Batu, Desa Batu Itam, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Beltim untuk menjalani swaisolasi selama 14 hari, dan melanjutkan pekerjaan di daerah tersebut.

Pada Rabu (29/4/2020) pasien 750 datang ke RSUD dr H. Marsidi Judono untuk meminta surat keterangan bebas Covid-19, guna mendapat rujukan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Belitung, sebagai persyaratan dari maskapai pesawat terbang, dengan tujuan melakukan perjalanan pulang kembali ke tempat tinggalnya di daerah Bekasi. Bahwa yang bersangkutan benar-benar bebas dari gejala dan skrining rapid test Covid-19 non reaktif.

Namun, setelah dilakukan rapid test didapatkan hasil reaktive, sehingga pasien 750 langsung diisolasi di RSUD dr H Marsidi Judono untuk dilakukan pengambilan swab tenggorokan pada Senin (4/5/2020) dan Selasa (5/5/2020).

"Kemudian spesimen swab dikirim untuk uji PCR ke Puslitbangkes Biomedis dan Tehnologi Dasar Kesehatan Kementerian Kesehatan RI pada Rabu (6/5/2020)," paparnya.

"Saat ini, pasien 750 sedang menjalani isolasi hari ke-12 di RSUD dr. H. Marsidi Judono dengan kondisi sehat tanpa gejala apapun terkait penyakit Covid-19, namun yang bersangkutan memang memiliki riwayat penyakit komorbid hipertensi terkontrol dan minum obat teratur," pungkas Sahani Saleh. (dwi/wb)

Editor: Barly Wow

Rekomendasi

Terkini

X