Selama Pandemi Covid-19, Angka Kehamilan di Muntok Turun

Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Angka kehamilan yang terdata di Kecamatan Muntok terjadi penurunan selama masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat.

Meskipun tak terbilang drastis namun penurunan tingkat kehamilan ini tidak seperti biasanya atau saat kondisi normal di Puskesmas Muntok.

Kepala Puskesmas Muntok, Harianto menyebutkan saat ini ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan (ANC) di puskesmas memang menurun. Begitu pula dengan jumlah persalinan bulan ini terjadi penurunan ketimbang bulan sebelumnya.

"Data persalinan di PKM Bulan Maret sebanyak 11 persalinan, Bulan April sebanyak empat persalinan," ungkap Harianto, Jumat (15/05/2020).

Sementara itu data kunjungan ANC (Antenatal Care) untuk Bulan Maret sebanyak 139 kunjungan sedangkan Bulan April sebanyak 99 kunjungan.

"Maret seratus tiga puluh sembilan kunjungan untuk bulan April sebanyak sembilan puluh sembilan kunjungan," imbuh Harianto.

Menurut Harianto jika melihat trennya hal ini memang terjadi penurunan karena disebabkan oleh faktor pandemi Covid-19 saat ini.

"Kalo sebelum pandemi Covid-19, biasanya diatas jumlah bulan Maret" tutur Harianto.

Salah satu faktor pengaruh menurut Harianto adalah perilaku masyarakat yang takut akan penyebaran virus Covid-19 di fasilitas kesehatan.

"Bisa jadi masyarakat takut ke faskes karena protokol kesehatan diam di rumah saja atau mereka lebih ke periksa standar utamanya jika ada keluhan," ujarnya.

Harianto mengimbau masyarakat Muntok untuk tetap mengikuti imbauan dari pemerintah dan menjalankan PHBS. "Iimbauan agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS-red)," tukasnya.(rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL