Kajari Basel Minta Enam ASN Kominfo Dijatuhi Sanksi

Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan, Safrianto Zuriat Putra.(as/wb)
Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan, Safrianto Zuriat Putra.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan, Safrianto Zuriat Putra meminta Pemkab Basel menjatuhi sanksi disiplin kepada enam orang aparatur sipil negara (ASN) di Dinas Kominfo Basel, lantaran terlibat kasus dugaan tipikor tunggakan pembayaran pada Tahun Anggaran 2018.

Ia mengatakan, kendati kasus tersebut tidak dinaikkan ke ranah pidana tipikor dan diselesaikan melalui proses APIP, namun sanksi disiplin harus dijatuhi kepada ASN yang terlibat dalam kasus tersebut.

"Kita minta kepada Pemkab Basel memberikan sanksi sesuai PP No 53 tentang hukuman disiplin aparatur sipil negara yang terkait dan terlibat tersebut diberikan sanksi sesuai dengan tingkatan yang diatur dalam PP No 53," saran Safrianto Putra.

Ia mengungkapkan, total ASN Dinas Kominfo yang terlibat dalam kasus tersebut sebanyak enam orang dan pejabat tertinggi adalah Pengguna Anggaran (PA).

"Total ada enam orang semuanya ASN di Kominfo, pejabat tertingginya adalah Pengguna Anggaran (PA--red)," ungkapnya.

Sebelumnya ia mengatakan, kasus tersebut terkuak berawal adanya laporan tunggakan pembayaran kepada pihak ketiga. Setelah dilakukan penyelidikan ternyata  sudah di SPJ kan, namun belum dibayarkan dan tahun anggaran sudah berakhir.

Tahun 2020, Pidsus Kejari Basel melakukan penyelidikan dan benar ditemukan dugaan tipikor. Hanya saja, Kejari Basel menghentikan kasus hanya sampai tahap penyelidikan.

Safrianto beralasan mengedepankan proses APIP sebagaimana instruksi Presiden dan Kejaksaan Agung. Dan kasus tersebut sudah terselesaikan melalui sidang TPTGR dan sisa dari Rp 160 juta dibayarkan kepada pihak ketiga tunggakan tagihan, sehingga totalnya 216 juta.(as/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL