Konsumsi Pemerintah Lambat Sebabkan Ekonomi Babel Tertahan

Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung masih tertahan oleh melambatnya pertumbuhan konsumsi pemerintah dan menurunnya kinerja investasi.

Berdasarkan Rilis Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bangka Belitung di Triwulan I 2020 Konsumsi pemerintah tercatat tumbuh 1 .64%(yoy), lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya. Kecil pertumbuhan konsumsi pemerintah sejalan dengan pola historis realisasi pemerintah dan adanya keterbatasan pelaksanaan proyek pemerintah seiring dengan mulai merebaknya COVID-19.

Kinerja investasi yang tercermin dari Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) turun sebesar 1,35% (yoy), setelah pada triwulan sebelumnya tumbuh sebesar 3,44% (yoy).

"Perlambatan ini didorong oleh penundaan pengerjaan proyek strategis pemerintah daerah dan tertahannya investasi swasta sejalan dengan kondisi ekonomi yang kurang menentu akibat mewabahnya COVID-19," kata Tantan Heroika dalam rilisnya .

Perlambatan pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung triwulan 1 2020 juga tercermin dari perlambatan kinerja sektor keuangan.(rel/fn)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL