Pandemi Covid-19 Sebabkan Ekomomi Babel Melambat

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung, Tantan Heroika.(dok/wb)
Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung, Tantan Heroika.(dok/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Bank Indonesian (BI) Perwakilan Bangka Belitung mencatat pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada triwulan I 2020 lebih Iambat dibandingkan pertumbuhan pada triwulan IV 2019 sebesar 3,99% (yoy).

Bahkan pertumbuhan ekonomi Triwulan I lebih rendah dari pertumbuhan triwulan 1 2019 sebesar 2,81 % (yoy). Perlambatan ini disebabkan oleh penurunan aktivitas ekonomi akibat merebaknya COVID-19.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung, Tantan Heroika mengatakan pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada triwulan ini ditopang oleh membaiknya kinerja pertumbuhan ekonomi lapangan usaha pertanian. Dari data disebutkan Kinerja ekonomi sektor pertanian tumbuh menguat dari 2,04% (yoy) pada triwulan IV 2019 menjadi 5,31% (yoy) pada triwulan I 2020.

“Membaiknya kinerja sektor pertanian didorong oleh masih tingginya produksi Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit seiring dengan masih berlangsungnya periode musim panen kelapa sawit pasca kemarau panjang yang terjadi pada akhir tahun 2019,” unkgap Tantan dalam rilisnya.

Ia melanjutkan pergerakan harga jual TBS juga relatif lebih tinggi dengan harga rata-rata acuan penjualan mencapai Rp 1.741/kilogram pada triwulan 1 tahun 2020 setelah pada triwulan sebelumnya hanya mencapai Rp 1.370/kilogram. Tingginya harga acuan penjualan TBS tersebut sejalan dengan harga Crude Palm oil (CPO) yang juga meningkat. Selain ditopang oleh sektor perkebunan, kinerja perikanan tangkap juga masih baik sejalan dengan kondisi cuaca yang mendukung. 

Melambatnya pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung sejalan dengan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menyebutkan pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada triwulan 1 tahun 2020 sebesar 1,35% (yoy) dengan nominal Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp 8,63 triliun. (rel/fn)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL