Selama Jabat Kajari Basel, Safrianto Penjarakan Empat Orang Koruptor

Safrianto Zuriat Putra, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari ) Kabupaten Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)
Safrianto Zuriat Putra, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari ) Kabupaten Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Selama kepemimpinan Safrianto Zuriat Putra Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari ) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), berhasil memenjarakan empat orang Koruptor di Kabupaten setempat.

Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang berhasil terungkap adalah kasus anggaran makan minum di sekretariat daerah (Setda) Pemkab Basel anggaran Tahun 2017. Kasus tersebut merupakan kasus Tipikor perdana sekaligus kasus terakhir yang berhasil ditangani Safrianto Putra selama menjabat Kajari Basel selama 2 Tahun 3 Bulan.

Dalam kasus tipikor tersebut, sebanyak empat orang ditetapkan sebagai tersangka dan dijatuhi bersalah oleh pengadilan. Tahun 2018, sebanyak tiga orang ditetapkan tersangka, satu dari tiga adalah Sekda Pemkab Basel. Dan Tahun 2019, kasus kembali bergulir dan satu orang ditetapkan tersangka. Keempatnya divonis bersalah oleh pengadilan.

"Selama saya menjabat kasus tipikor yang berhasil disidik, dituntut dan sampai dengan inkrah sebagaimana teman-teman media ketahui bahwa kasus mamin (makan minum--red) Tahun 2018 dengan tiga orang tersangka dan 2019 satu tersangka. Empat-empatnya sudah inkrah dan sudah kita eksekusi," ujar Safrianto Zuriat Putra kepada wartawan, Senin (18/5/2020).

Ia mengatakan, total uang negara yang berhasil diselamatkan dalam perkara tindak pidana khusus sebesar Rp1,4 Miliar.

Dan menurut Safrianto, tidak ada tunggakan kasus semua perkara telah terselesaikan baik perkara pidana umum (Pidum) maupun pidana khusus (Pidsus).

"Alhamdulilkah tidak ada lagi tunggakan- tunggakan kasus baik pidana umum maupun pidana khusus sudah terselesaikan," tukasnya. (Astoni/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL