Bangka Tidak Jadi Zona Hijau, Dua Warga Terkonfimasi Positif Covid-19

Boy Yandra. (Dwi HP/wowbabel)
Boy Yandra. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Zona hijau yang diharapkan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) harus tertunda.

Pasalnya, kali ini ditemukan dua kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah itu, berdasarkan hasil swab terhadap dua orang warga yang memiliki riwayat perjalanan asal pesantren di Pulau Jawa. 

"Bangka pada hari ini menambah dua orang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan inisial yang pertama Am (15) warga Pagarawan masuk ke Bangka tanggal 24 April 2020 dari Pesantren Temboro, Jawa Timur," kata Juru Bicara Posko Bersama Gugus Tugas Siaga Darurat Bencana Covid-19 Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Selasa (19/5/2020) 

"Lalu, untuk pasien lainnya yang terkonfirmasi positif Covid-19 inisial SB (12) warga Parit Padang, Kecamatan Sungailiat yang masuk ke Bangka pada 17 April 2020 lalu dari pesantren yang sama," ujarnya. 

Lanjutnya, saat di rapid tes keduanya menunjukkan hasilnya non reaktif, kemudian tes swab pertama juga negatif.

"Namun swab kedua pada hari ini terkonfirmasi positif dengan hasil lab dari Palembang," jelas Boy Yandra. 

"Bangka sudah lima yang terkonfirmasi positif, yang mana dua dinyatakan sembuh, satu lagi untuk hasil swab pertama negatif dan menunggu hasil swab kedua," paparnya. 

Atas temuan dua pasien positif ini, pihaknya mengkarantina keduanya ke Wisma Karantina Diklat Pangkalpinang serta mendata warga yang langsung kontak, baik keluarga maupun warga lainnya. 

"Upaya akan dilakukan hingga rapid tes dan bila diperlukan tes swab terhadap yang kontak," terang Boy Yandra. 

"Kemudian bagi masyarakat yang pernah kontak atau bersamaan pulang dengan AN ataupun SB segera melapor ke rumah sakit umum untuk diambil swabnya langsung," harapnya. 

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memberikan stigma negatif kepada orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Sebaliknya, harus memberikan motivasi sehingga pasien tersebut cepat sembuh dan dapat meningkatkan imunnya. 

"Kami juga minta warga senantiasa menggunakan masker ketika keluar rumah dan menjaga jarak, termasuk mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas dengan sabun dan air mengalir dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan yang Maha Kuasa," pungkas Boy Yandra. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL