Pendaftaran SBMPN 2020 Resmi dibuka, Polmanbabel Siapkan Kuota 40%

Aktivitas praktek mahasiswa Polmanbabel Jurusan Teknik Mesin.    Foto dokumentasi hms Polmanbabel. (Ist)
Aktivitas praktek mahasiswa Polmanbabel Jurusan Teknik Mesin. Foto dokumentasi hms Polmanbabel. (Ist)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) tahun 2020 resmi dibuka Selasa, 19 Mei 2020 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara online melalui video conference dalam acara “ Launching SBMPN 2020 “.

Jalur SBMPN merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi calon siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh Indonesia. 

SBMPN merupakan istilah baru yang digunakan tahun ini, di mana sebelumnya memakai istilah Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN). Tahun ini, SBMPN diikuti sebanyak 42 politeknik negeri se-Indonesia. 

Akibat dari pandemi Covid-19 yang turut berdampak pada mekanisme dan seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPN ini sehingga pola seleksi sama seperti saat SNMPN yaitu secara portofolio. Jalur SBMPN ini tetap akan mengakomodir calon peserta/siswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dengan prestasi yang baik sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi yang kini berubah menjadi KIP-Kuliah.

Wikan Sakarinto, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, mengatakan inilah saatnya generasi muda Indonesia untuk menentukan dan meneguhkan passion, minat dan bakatnya. 

“Memilih program studi tempat kuliah dan menuntut ilmu harus sesuai dengan passion dan harus disertai visi yang jelas, “ ujarnya.

Wikan Sakarinto menjelaskan calon mahasiswa harus bisa menentukan passion, apakah condong ke praktikal dan penerapan ilmu pengetahuan, atau condong ke analisis dan pengembangan ilmu pengetahuan. 

Lebih lanjut Wikan mengatakan bahwa sebagian besar lulusan vokasi akan terjun dan mewarnai dunia kerja secara signifikan, dan sebagain lain yang menginginkan studi lanjut, maka bisa melanjutkan ke Magister (S2) Terapan yang sudah banyak dibuka di Indonesia, dan bisa juga melanjutkan di kampus-kampus ternama di luar negeri.



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE