Khawatir Tertular Covid-19, IRT Ajak Anggota Keluarga Ikut Tes Swab Massal

Petugas medis di Posko GTC Pangkalpinang.(hen/wb)
Petugas medis di Posko GTC Pangkalpinang.(hen/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- seorang ibu rumah tangga berinisial WT, warga asal Kecamatan Gerunggang, bersama satu anggota keluarganya mendatangi Posko Gugus Tugas Covid-19 Kota Pangkalpinang untuk melakukan pemeriksaan swab polymerase chain reaction (PCR) massal gratis.

"Satu keluarga, dari Gerunggang. Tidak pernah kontak secara langsung. Tidak ada gejala, tapi takut karena virus ini tidak kelihatan. Kami ada anak-anak kecil di rumah," tuturnya, Rabu (20/5/2020).

Atas kejadian ini, WT mengaku takut untuk berkunjung atau bepergian ke pusat perbelanjaan semenjak diketahui adanya dua warga Kota Pangkalpinang kembali dinyatakan positif Covid-19, yang juga salah satunya merupakan tetangganya sendiri.

"Kami sekali ada kejadian ini dak berani agik, takut. Dak mikirin apapun. Takut juga menularkan ke yang lainnya karena belum tahu hasilnya. Jadi mendingan di rumah dulu sampai ada hasilnya," ujarnya.

Sedangkan AD, Warga Kecamatan Rangkui, pergi ke Posko GTC berdua bersama rekannya. Ia mengaku, tempat tinggalnya berdekatan dengan warga negara Bangladesh yang dinyatakan positif Covid-19.

"Dari Kecamatan Rangkui, jadi rumah kita dekat dengan warga negara Bangladesh. Tidak ada kontak dengan dia," tuturnya.

Petugas medis Posko GTC Kota Pangkapinang, dr Amelia, mengatakan sementara hingga saat ini terdapat 11 orang yang telah mendaftarkan diri untuk melakukan pemeriksaan swab PCR.

Kata Amelia, pihaknya menargetkan sebanyak 30 orang perhari. Selain di Posko TGC di Dinas Kesehatan, pemeriksaan swab masal juga dilakukan di Kecamatan Pangkalbalam.

"Sudah ada sekitar 11 orang di Posko GTC kita. Untuk pemeriksaan swab satunya ada di Posko Pangkalbalam," ujar dia.

Tes swab polymerase chain reaction (PCR) secara masal dan gratis ini diselenggarakan oleh Pemkot Pangkalpinang. Syarat untuk melakukan swab gratis ini hanya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Pangkalpinang.(hen/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL