Molen Sebut Tes Swab Massal Tak Gunakan Dana APBD

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil alias Molen.(hen/wb)
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil alias Molen.(hen/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Wali kota Pangkalpinang, Maulan Aklil alias Molen bersama Ketua DPRD Kota Pangkalpinang meninjau proses pemeriksaan swab polymerase chain reaction (PCR) secara massal di Posko Gugus Tugas Covid-19 Kota Pangkalpinang, Rabu (20/5/2020).

"Hari ini ternyata ada masyarakat yang proaktif yang ingin melaksanakan test swab dengan kesadaran sendiri," kata Molen sapaan akrab walikota.

Molen mengatakan pemeriksaan swab selain dilakukan di Posko GTC Dinkes Kesehatan, pemeriksaan swab masal juga diadakan dan juga sedang berlangsung di Kecamatan Pangkalbalam.

Test swab masal ini kata Molen, tidak menggunakan dana APBD kecuali untuk uang resiko para tenaga medis dan ASN yang bertugas di posko pemeriksaan swab tersebut.

"Disini yang menariknya masyarakat yang datang kesini atas kesadaran sendiri untuk melakukan test swab untuk memutus mata rantai penyebaran. Kita tetap optimis Pangkapinang zona hijau," katanya.

Ketua DPRD Kota Pangkalpinang, Abang Hertza mengatakan test swab tersebut merupakan kebijakan Pemkot Pangkalpinang.

Kata dia, untuk proses test swab masal tersebut murni tidak menggunakan dana APBD.

"Ini murni tidak menggunakan dana APBD untuk alat dan lainnya, tetapi kalau tenaga medis memang sudah dicover dari Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang," ungkapnya.

Tes swab PCR secara masal dengan gratis ini dilaksanakan di Posko GTC Covid-19 yang berada di sebelah Kantor Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang. Syarat untuk melakukan swab gratis ini hanya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Pangkalpinang.(hen/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL