PWNU Babel Imbau Warga Shalat Ied di Rumah

Shalat Ied di lapangan Merdeka Pangkalpinang tahun 1440 H. (Dede/wowbabel)
Shalat Ied di lapangan Merdeka Pangkalpinang tahun 1440 H. (Dede/wowbabel)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com - Ketua Pimpinan Wilayah Nahdatul Ulama Provinsi Bangka Belitung, H. Ja'far Sidik, mengimbau masyarakat agar melaksanakan solat Idul Fitri 1441 Hijriyah, dilakukan di rumah masing-masing sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19.

"Kaum muslimin khususnya warga NU di Provinsi Bangka Belitung khususnya Kota Pangkalpinang, dalam hal ini kami melalui kebijakan berdasarkan dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 maka kami menghimbau kepada masyarakat kita khususnya warga NU untuk tidak menyelenggarakan atau mengikuti sholat Idul Fitri 1441 Hijriah di Masjid atau di lapangan," imbuhnya, Rabu (20/4/2020).

Ja'far Sidik mengungkapkan, sesuai dengan tuntunan dari Pimpinan Pusat NU untuk laksanakan shalat Ied di rumah saja, dikarenakan informasi terkini di Kota Pangkalpinang sudah bertambah tiga orang yang terpapar atau terkonfirmasi positif Covid-19. 

"Oleh sebab itu, demi menjaga kemaslahatan kesehatan fisik, serta keluarga kita, tetangga kita, masyarakat Babel ini agar katanya imbauan dari Pemerintah Pusat atau Gubernur Bangka Belitung mari kita taati," ujarannya.

Dia berharap dengan berikhtiar dalam menjaga kesehatan diri dan keluarga serta lingkungan di sekitar serta melaksanakan shalat Idul Fitri dirumah masing - masing bisa terhindar dari wabah Covid-19 dan mendapatkan ridho dari Allah Subhana Wa Ta'ala. 

"Insya Allah apa yang kita lakukan pada Idul Fitri tahun ini dalam rangka melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah, bisa mendapatkan ridho dari Allah Subhana Wa Ta'ala," imbuhnya.

Selain itu kata Ja'far, PWNU sudah memberikan petunjuk tata cara sholat di rumah dan untuk masyarakat agar selalu berhati - hati dan jika ada warga masih tetap ingin melaksanakan shalat Idul Fitri untuk dapat dilakukan sesuai dengan protokol - protokol kesehatan Covid-19. 

"Dan bagi warga yang tetap ingin menyelenggarakan juga shalat Idul Fitri ini, baik itu Masjid maupun lapangan terbuka, maka kami sangat mengimbau protokol kesehatan Covid-19 ini untuk dapat dilaksanakan secara ketat seperti harus memakai masker, cek suhu, jarak sholat, tidak salaman, diharapkan tidak lebih dari 30 menit serta yang sakit dan anak-anak tidak ikut solat," pungkasnya. (Hdd/wb)



MEDSOS WOWBABEL