BEMPER Peduli Bagikan Beras ke Masyarakat Nelayan

Pengurus BEMPER menyerahkan bantuan beras secara simbolis kepada para nelayan di Lingkungan Hakok, Sungailiat.(ist)
Pengurus BEMPER menyerahkan bantuan beras secara simbolis kepada para nelayan di Lingkungan Hakok, Sungailiat.(ist)

SUNGAILIAT,www.wowbabel.com -- Dampak pandemi Covid-19 yang sangat dirasakan oleh masyarakat secara umumnya turut pula berdampak melemahkan  kemampuan ekonomi sebagian masyarakat kelas menengah ke bawah.

Guna meringankan beban ekonomi masyarakat dimaksud, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri, Barisan Elemen Masyarakat Peduli Ekonomi Rakyat (BEMPER) menggiatkan aksi sosial berbagi bahan pokok dalam bentuk beras kepada masyarakat yang ekonominya terdampak pandemi Covid-19.

Dalam aksi perdananya, perhimpunan yang terbentuk pada pertengahan Mei 2020 ini membagikan paket beras secara simbolis kepada masyarakat Lingkungan Hakok, Kelurahan Matras, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, yang terdiri dari nelayan dan warga tidak mampu lainnya, Kamis (21/5/2020) siang.

Didampingi beberapa pengurus, Ketua BEMPER, Bung Rizal Anon, menyampaikan kegiatan ini hakekatnya dilandasi kepedulian terhadap ekonomi rakyat. Aksi perdananya ini menandakan awal mula kegiatan BEMPER yang ke depannya nanti memang akan berfokus mencari solusi terhadap berbagai masalah ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat Babel, apalagi saat dilanda pandemi Covid-19 akhir-akhir ini.

"Kami melihat dan mendata bahwa masih belum ada sentuhan secara optimal untuk masyarakat yang ekonominya terdampak karena pandemi ini, khususnya nelayan sebagai masyarakat pesisir. Karena itu hari ini kami turun ke lingkungan Hakok ini agar bisa bercengkrama secara langsung dengan teman-teman nelayan untuk menyerap aspirasi dan keluh-kesah mereka. Selain itu, semoga dengan adanya sedikit donasi dari BEMPER ini dapat memberi manfaat bagi teman-teman nelayan  yang sebentar lagi akan merayakan Hari Raya Idul Fitri,” tutur Bung Rizal.

Bung Rizal berharap kegiatan ini dapat merangsang pihak-pihak lainnya untuk turut memerhatikan hajat hidup masyarakat kelas menengah ke bawah yang ekonominya saat ini bisa dikatakan morat-marit lantaran terkena dampak Covid-19, khususnya nelayan dimana hasil tangkapannya menurun drastis.

Salah satu nelayan Lingkungan Hakok, Sapron, mengaku sangat berterima kasih atas bantuan dan perhatian dari BEMPER yang sangat membantu di tengah kesulitan ekonomi yang dirasakan oleh para nelayan.

"Dengan adanya bantuan ini bagi kami sangat membantu lah. Apalagi dalam suasana seperti sekarang ini, harga ikan murah, pak. Jadi kami sangat berterima kasih," kata Sapron.

Selain di Lingkungan Hakok, pembagian donasi beras sebanyak 100 kampel pun disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di lingkungan lainnya kawasan seputaran Sungailiat.

Dijelaskan Bung Rizal, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang dipimpinnya merupakan perhimpunan dan perkumpulan yang komposisi anggotanya terdiri dari kalangan aktivis, akademisi, dan praktisi di berbagai bidang yang berfokus meramu konsepsi ekonomi rakyat dengan berlandaskan data dan kajian riset secara komprehensif.

“Kami berharap bisa menyajikan solusi terbaik untuk stakeholder atau pemangku kebijakan dalam mengambil suatu putusan kebijakan publik. Baik berupa rekomendasi kepada pemerintah daerah, maupun terjun langsung ke masyarakat dengan tetap mengedepankan prinsip ekonomi kerakyatan yang berkeadilan,” tukas Bung Rizal.(rel/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL