BPTP Bangka Belitung Rintis Kampung Kopi di Bangka Tengah

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi  Rosman.(ist)
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bangka Belitung saat ini sedang merintis Kampung Kopi dengan luas lahan dua hektare di Bangka Tengah.

Lahan tersebut nantinya akan ditanami kopi jenis Robusta yang sangat cocok dan adaptif di Bangka Belitung.

Hal ini diungkapkan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Babel, Suharyanto saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman di ruang kerjanya, Rabu (20/5/2020).

“Perkembangan komoditi kopi saat ini sangat dinamik, sehingga permintaan terhadap komoditi ini cukup tinggi. Ini bisa menjadi salah satu peluang bagi Babel. Babel merupakan salah satu daerah yang potensial, ini dapat dilihat dari tingkat konsumsi masyarakat tinggi tetapi belum bisa menyuplai kebutuhannya sendiri,” ungkap Suharyanto.

Dijelaskan Suharyanto, sistem tanamnya juga tidak hanya manokultur tetapi akan tumpang sari dengan lada. Pohon kopi sudah menghasilkan buah pada umur 1,5 sampai 2 tahun dan kuantitasnya juga cukup bagus.

Kepala Dinas Pertanian Bangka Belitung, Juaedi, mengatakan rencana pengembangan kopi di Babel sudah dimulai. Pihaknya sudah membuat beberapa cluster di Petaling Kabupaten Bangka  dan Belitung Timur.

“Karena kita melihat, kandungan mineral di Bangka Belitung cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk mengembangkan produk-produk spesifik yang menghasilkan aromatik khusus seperti lada, gaharu, kopi dan vanilli. Kedepannya kita tidak hanya tergantung pada satu komoditi (lada) , tetapi harus multiproduk,“ ungkap Juaedi.

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, mendukung langkah yang dilakukan BPTP.

“Sejauh ini kita sudah mengupayakan agar Bangka Belitung bisa mengembangkan komoditi lain. Melalui kerja sama ini, kita berharap komoditi kopi bisa menjadi salah satu komoditi unggulan dari Bangka Belitung,” tukas Erzaldi.(dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL