Setor ke Calo Rp 600 Ribu, Dua Warga Ciamis Nyaris Kelabui Petugas di Posko Tanjung Kalian

Jaenudin (40) dan Masfudin (49) warga Ciamis yang diamankan petugas di Posko Pelabuhan Tanjung Kalian lantaran berupaya menyeberang dengan menyamar sebagai sopir dan kernet.(rul/wb)
Jaenudin (40) dan Masfudin (49) warga Ciamis yang diamankan petugas di Posko Pelabuhan Tanjung Kalian lantaran berupaya menyeberang dengan menyamar sebagai sopir dan kernet.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Di situasi wabah Pandemi Covid-19 saat ini masih terdapat praktik pungli para calo tiket yang merayu penumpang agar bisa menyeberang dan lolos dari pengecekan petugas posko di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok,  Bangka Barat.

Hal ini terungkap saat dua orang penumpang gelap di Pelabuhan Tanjung Kalian yang tertangkap basah oleh Petugas Posko Covid-19 Kabupaten Bangka Barat,  Kamis (21/05/2020) sekira pukul 15.22 WIB. Keduanya berpura-pura menjadi sopir dan kernet mobil angkutan barang.

Kedua orang tersebut mengaku membayar calo dan melakukan penyamaran sebagai sopir dan kernet agar dapat mengelabui petugas yang mengecek.

Jaenudin (40) asal Ciamis mengatakan dirinya membayar Rp 300 ribu per orang kepada calo untuk bisa lolos dari pos pemeriksana di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok.

"Tiga ratus ribu, kami berdua jadi enam ratus ribu," kata Jaenudin.

Jaenudin menuturkan dirinya adalah pedagang di Kota Muntok yang hendak menyeberang ke Palembang namun ternyata gagal karena ketahuan oleh petugas.

Jaenudin bersama rekannya Masfudin (49) langsung dihentikan petugas, padahal Jaenudin sudah menyiapkan fotokopi surat keterangan sehat dan tinggal melengkapi beberapa administrasi lagi,sayangnya dihentikan petugas karena ketahuan menyamar jadi sopir dan kernet serta melakukan transaksi dengan calo di pelabuhan Tanjung Kalian.

"Saya sudah putus asa, tadi ada yang menawarkan, jadi saya bayar diminta tiga ratus ribu satu orang," imbuh Jaenudin.

Jaenudin diminta jadi sopir dan kernet oleh calo tersebut dan mengakui sebenarnya tidak bisa menyeberang jika tidak melakukan hal tersebut.(rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL