Sidang Isbat, 1 Syawal 1441 Hijriah Jatuh pada Hari Ahad

Menag Fachrul Razi membacakan Hasil Sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1441 Hijriah. (Net/jatimnow)
Menag Fachrul Razi membacakan Hasil Sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1441 Hijriah. (Net/jatimnow)

JAKARTA, www.wowbabel.com - Kementerian Agama (Pemerintah_red ) menetapkan perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah jatuh pada Ahad (24/5/2020). Penetapan ini dilakukan pada Sidang Isbat, Jumat (22/5/2020) gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (22/5/2020).

Sidang digelar secara terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan terkait Corona (COVID-19). Para tamu undangan seperti perwakilan ormas mengikuti sidang secara online. 

Hasil sidang isbat menyebutkan, hilal atau penentu datangnya bulan baru penanggalan hijriah belum tampak. Karena itu Ramadan digenapkan atau disempurnakan menjadi 30 hari (istikmal).

"Sidang isbat secara bulat menyatakan 1 Syawal 1441 H jatuh pada hari Ahad atau Minggu 24 Mei 2020," kata Menteri Agama Fachrul Razi di Kementerian Agama di Jakarta usai memimpin sidang.

Dua cara menentukan Idul Fitri adalah hisab dengan perhitungan dan rukyat atau melihat langsung hilal. Kedua metode itu dinilai saling melengkapi.

"Ketinggian hilal di seluruh Indonesia di bawah ufuk. Dari 80 titik tidak melihat hilal," ujar Menteri Razi.

Untuk memantau kedatangan bulan baru, Kemenag mengerahkan petugas yang telah diambil sumpahnya untuk memantau hilal. Tercatat ada 80 titik pengamatan hilal di 34 provinsi.(*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL