Masjid Jamik Muntok Tetap Gelar Salat Id Berjemaah

Pengurus Masjid Jamik Muntok, Kabupaten Bangka Barat,  Ustadz H Muhammad Misdi S.Si.(rul/wb)
Pengurus Masjid Jamik Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Ustadz H Muhammad Misdi S.Si.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Pengurus Masjid Jamik Muntok akan tetap melaksanakan Salat Idul Fitri 1441 H berjemaah, Minggu (24/05/2020) pagi. Namun  tetap memperhatikan aturan protokol kesehatan di situasi Pandemi Covid-19.

Pengurus Masjid Jamik Muntok, Kabupaten Bangka Barat,  Ustadz H Muhammad Misdi S.Si menyampaikan berdasarkan hasil musyawarah dari jajaran dewan penasehat, pengurus Masjid Jamik, dan para ulama serta ustadz di Kelurahan Tanjung memutuskan Salat Id tetap akan dilaksanakan.

"Kebijakan dan dasar yang diambil dalam pelaksanaan ini adalah mengikuti fatwa Majelis Ulama Provinsi Bangka Belitung," ungkap  Ustadz Misdi, Sabtu (23/05/2020).

Misdi mengatakan pelaksanaan salat tidak akan seperti biasanya akan tetapi harus mengikuti prosedur penanganan Covid-19.

"Yang pertama adalah seluruh jamaah ini hanya diperuntukkan untuk laki-laki saja wanita tidak diizinkan," terang Misdi.

"Kenapa didalam fatwa MUI itu adalah anak-anak tidak diizinkan untuk ikut maka biasanya anak-anak itu gandeng dengan orangtuanya sama ibunya," jelasnya.

Kemudian dijelaskan Misdi, bahwa dari dasar itu diputuskan Salat Id khusus untuk laki-laki saja dan anak anak yang sudah berusia diatas 10 tahun.

"Kemudian yang kedua seluruh jemaah pelaksanaan Salat Id itu wajib menggunakan masker," imbuhnya.

Bahkan pihak Masjid Jamik sudah menyediakan 200 buah masker kain untuk mengantisipasi apabila dari jemaah ada yang tidak mengenakan masker.

"Yang ketiga seluru peserta jemaah itu wajib masuk bilik jadi one way one get, bukan disinfektan tapi dari cairan aroma jeruk sama yang biasa kita pakai jadi aman," tutur Misdi.

Misdi mengimbau jemaah yang sakit, demam, flu atau penyakit lainnya dilarang untuk ikut salat. Pihak kepolisian akan membantu mengamankan pelaksanaan Salat Idul Fitri besok pagi termasuk lalu lintas jalan.

"Kepada seluruh jemaah, seluruh masyarakat Muntok silakan untuk mengikuti Salat Id di Masjid Jamik khususnya bagi laki-laki," tukasnya.(rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL