Pengurus RT/RW di Kecamatan Muntok Pertanyakan Pemotongan Uang Insentif

Camat Muntok, Sukandi.(dok)
Camat Muntok, Sukandi.(dok)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Sebagian pengurus RT/RW di Kecamatan Muntok protes lantaran uang insentif mereka harus dipotong dan dibagi tiga bersama sekretaris dan bendahara RT/RW.

Ferri selaku salah satu Pengurus RT 03 RW 03 di Kelurahan Menjelang Kecamatan Muntok, mempertanyakan pemotongan insentif ketua RT tersebut yang besarnya lebih dari 50 persen.

"Kalau insentif ini semua RT itu dipotong bukan cuma di Kampung Menjelang saja tapi semua cuma kan potongannya itu kayaknya terlalu sadis itu," ungkap Ferri, Rabu (20/05/2020).

Ferri mengatakan biasanya insentif itu dicairkan per enam bulan sekali dengan besaran satu bulannya sekitar Rp 750 ribu.

"Dari bulan Januari sampai sekarang itu ya kami cuma dapat Rp1.750.000, sekretaris Rp 1.350.000," ungkap Ferri.

Ferri menganggap insentif itu sudah menjadi haknya dan mengakui sudah mengetahui ada pemotongan hanya saja terkejut ternyata pemotongan itu diambil dari insentifnya serta dinilai terlalu besar.

Sedangkan Deni, pengurus RT 01/RW 03 menganggap hal ini miskomunikasi dan baginya hal itu bukan pemotongan, hanya saja insentif yang tadinya untuk Ketua RT harus dibagi tiga dengan perangkat lainnya yakni Sekretaris RT dan Bendahara RT sesuai dengan aturan terbaru bahwa Ketua RT memiliki perangkat organisasi.

"Jadi memang sebenarnya bahasanya itu bukan pemotongan insentif cuma karena sebelumnya mengacu kebelakang itu insentif RT RW itu memang dibayarkan penuh tetapi dari kecamatan minta setiap RT RW harus ada sekretaris dan bendahara," jelasnya.

Sehingga insentif yang tadinya untuk Ketua RT/ RW dibagi tiga dengan perangkat dibawah struktur organisasinya.

"Mungkin karena lima bulan kebelakang itu kerja sendiri belum terbentuk sekretaris, nah kemarin itu kurang lebih sebulan lalu diminta kecamatan nomor rekening jadi oleh kami kasihlah rekening yang kami anggap untuk menjadi sekretaris dan bendahara kami. Begitu terakhir informasi itu adanya insentif ternyata terhitung bendahara dan sekretaris itu lima bulan kebelakang dihitung otomatis insentif RT/RW berkurang karena dibagi," jelasnya.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL