211 Surat Rekomendasi Dikeluarkan GTPPC-19 Babel

Andi Budi Prayitno, Jubir GTPPC-19 Babel. (Dwi/wowbabel)
Andi Budi Prayitno, Jubir GTPPC-19 Babel. (Dwi/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Tercatat sudah 211 surat rekomendasi yang dikeluarkan GTPPC-19 Babel, diantaranya tujuh untuk tujuan dan kepentingan terkait Covid-19 seperti pembelian/pengambilan Alat Pelindung Diri (APD).

Sebanyak 66 lembar untuk pelayanan kesehatan darurat seperti pengobatan dan penyeberangan jenazah, 17 untuk alasan kemanusiaan seperti menikah dan istri melahirkan, 21 untuk tujuan pengamanan/keamanan. 

Sebanyak 24 lembar untuk perjalanan dinas instansi pemerintah/lembaga negara seperti pengantaran spesimen swab untuk pengujian RT PCR, 48 untuk perjalanan swasta seperti perbankan, dan 28 atas permintaan kepala daerah untuk kepentingan percepatan penanganan Covid-19 seperti pengambilan/penjemputan rapid test kit.

"GTPPC-19 Babel melakukan tugas dan fungsi pengetatan terhadap siapa saja yang akan bepergian, khususnya ke luar Babel, dengan tidak memberi kelonggaran kepada siapa pun untuk tujuan mudik," kata Jubir GTPPC-19 Babel, Andi Budi Prayitno akrab disapa ABP di Pangkalpinang, Senin (25/5/2020). 

"GTPPC-19 Babel selalu berkoordinasi dan berdasarkan petunjuk dari GTPPC Nasional/Pusat, terutama merujuk kepada pedoman yang berlaku yakni SE No 4 Tahun 2020 GTPPC Nasional," ujarnya.

Lanjutnya, SE No 4 Tahun 2020 ini tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. 

Karenanya GTPPC Babel tidak dengan mudah, apalagi sembarangan dalam mengeluarkan surat rekomendasi bepergian atau melakukan perjalanan ke luar Babel. 

"Sesuai petunjuk teknis sebagaimana SE No 4 Tahun 2020, surat rekomendasi yang dikeluarkan GTPPC-19 Babel tersebut tidak berarti bahwa GTPPC memberikan kelonggaran atau membuka peluang kepada masyarakat dan penumpang umum untuk melakukan perjalanan, apalagi untuk tujuan mudik," jelas ABP. 

"Atas dasar itu, GTPPC-19 Babel per tanggal 16 April sampai dengan tanggal 23 Mei 2020 hanya mengeluarkan 211 surat rekomendasi perjalanan, dengan rincian 108 orang menggunakan jalur udara, sementara yang menggunakan akses jalur laut sebanyak 103 orang," pungkasnya. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL