Pengulangan Rapid Test Bakal Diberlakukan

Bandara Depati Amir Pangkalpinang. (Muri/wowbabel)
Bandara Depati Amir Pangkalpinang. (Muri/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Dalam rangka menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di masa lebaran Hari Raya Idul Fitri 1441 H dan pasca lebaran, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mengambil kebijakan untuk melakukan pengawasan lebih ketat dengan menerapkan rapid test ulang kepada penumpang yang tiba atau datang ke Babel, baik yang masuk melalui akses bandar udara maupun yang masuk melalui pelabuhan. 

"Berkenaan kebijakan dari pemerintah pusat mengenai kelonggaran terhadap operasional transportasi, kami perlu membuat kebijakan bersama sebagai langkah cepat untuk melindungi masyarakat Babel dari paparan Covid-19 yang berasal dari masyarakat yang datang dari luar Babel, khususnya pada masa lebaran sampai pada pasca lebaran nanti," kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman di Pangkalpinang, Minggu (24/5/2020).

"Orang yang masuk ke Babel memang sudah mengantongi izin dan juga keterangan bebas sehat Covid-19 dari daerah asal, tetapi kami tetap harus waspada," ungkapnya.

Sementara, Kapolda Daerah Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, langkah yang akan dilakukan ini adalah upaya untuk memfilter orang yang masuk, khususnya agar tidak membawa virus Corona ke Babel. 

"Langkah ini merupakan langkah preventif Pemprov Babel untuk melindungi masyarakat dari paparan virus yang berasal dari luar," tegas Kapolda. 

"Secara teknis, hal ini memang perlu kita informasikan terlebih dahulu kepada masyarakat yang akan berkunjung ke Babel, mengingat mereka ketika berangkat pasti sudah mengantongi keterangan sehat bebas Covid-19," ujarnya. 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL