Gubernur Instruksikan ASN Bertindak Responsif

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan.(dwi/wb)
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan.(dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Sehari setelah lebaran usai, aparatur sipil negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) kembali melakukan aktivitasnya.

Mengingat bertepatan hari pertama kembali bekerja di hari Selasa, maka seluruh jajaran pejabat eselon 2, 3, dan 4 di lingkungan Pemprov Babel melaksanakan apel pagi dan halal bi halal di Halaman Kantor Gubernur Kepulauan Babel.

"Di masa pandemi Covid-19 ini, ASN agar segera responsif dalam menyesuaikan kondisi dan lingkungan kerja. Hal ini sebagai upaya dalam melaksanakan pola kerja "New Normal", dimana hal-hal yang sebelumnya tidak lumrah dilakukan akan menjadi lumrah diberlakukan," kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman ketika memimpin apel pagi di Pangkalpinang, Selasa (26/5/2020).

"Suasana sekarang pada wabah Corona ini, sudah mulai melakukan hal-hal yang tidak normal dilakukan harus menjadi normal. Semuanya tidak bisa menunggu terlalu lama, masing-masing daerah tidak sama dampaknya. Ada yang sudah pulih, ada yang masih bertambah," ujarnya.

Lanjutnya, "New Normal" atau tatanan kehidupan baru adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, namun dengan menerapkan protokol kesehatan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Kondisi perkantoran pun dibenahi sesuai protokol Covid-19, yaitu dengan mengatur meja menjadi berjarak antara satu dengan lainnya sejauh 1,5 - 2 meter.

"ASN harus membenahi kondisi dan situasi ruangan (kantor), dengan berjarak antar meja 1,5 - 2 meter. Kalau mengatur jarak ternyata masih kurang, maka gunakan ruang rapat, kalau masih kurang juga gunakan koridor," jelas Erzaldi.

Gubernur mengintsruksikan agar setiap pagi setelah pengarahan dan absen, ASN keluar ruangan untuk berjemur demi kesehatan. Absen finger print kembali diberlakukan, dengan segera mencuci tangan.

"Untuk itu, setiap kantor pemerintahan sudah harus menyiapkan infrastruktur kesehatan seperti tempat mencuci tangan," paparnya.

"Meski Babel saat ini masih dalam kondisi aman, namun semuanya harus tetap melakukan protokol Covid-19," imbuhnya.

Tambahnnya, kepada seluruh kepala organisasi perangkat daerah untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Babel untuk mendata dan melaporkan pegawainya yang memiliki riwayat kesehatan, khususnya 10 penyakit yang rentan Covid-19. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL