Ketua Leksikal Babel: New Normal Bukan Hanya Imbauan

Ketua Leksikal  Bangka Belitung, Marwansyah.(ist)
Ketua Leksikal Bangka Belitung, Marwansyah.(ist)

MANGGAR,www.wowbabel.com -- Dua momentum bersamaan pada tanggal 1 Juni 2020 ini, selain merupakan Hari Kelahiran Pancasila juga agar semua pihak yang hidup di tanah air tumpah darah Indonesia ini mesti saling diingatkan akan pentinya kehidupan new normal diberbagai sendi kehidupan keseharian.

"New normal bukan hanya imbauan untuk melaksanakan tatanan kehidupan baru dari sisi aspek kesehatan masyarakat. Lebih jauh semestinya new normal dapat dijadikan momentum untuk dengan sungguh-sungguh mengamalkan nilai-nilai Pancasila di tata kelola kehidupan baru kita," kata Ketua Lembaga Politik dan Demokrasi Lokal (Leksikal) Bangka Belitung, Marwansyah, Senin (1/6/2020).

Ditambahkan Marwansyah, hanya dengan kesungguhan untuk amalkan Pancasila maka butir-butir yang terkandung pada tiap  sila akan terwujud nyata. Adapun salah satu contoh belum diamalkanya nilai Pancasila terlihat kadang masih adanya persoalan intoleransi khusus dalam kebebasan beribadah dan berkeyakinan.

"Ini jika kita simak pidato Presiden Joko Widodo pada tiap upacara harlah Pancasila yang mana intoleransi masih jadi ancaman bagi Pancasila dan keutuhan persatuan nasional. Oleh karenanya kami mengajak semua pihak mari merefleksikan harlah Pancasila dengan baik mesti ditengah pandemi Covid-19," tutur Marwansyah.

Momen harlah Pancasila, kata Marwansyah,  jangan sampai hanya sebatas seremoni belaka terlebih lagi Belitung Timur satu-satunya kabupaten se Babel yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai daerah New Normal bersama 102 daerah lainya di Indonesia. 

"Diharapkan kini pemerintah Kabupaten Beltim bisa segara turun untuk melakukan kerja terstruktur sistematis dan masif bersosialisasi dan simulasi dalam merefleksikan dengan nyata dan lakukan tatanan baru dalam kehidupan keseharian rakyat beltim dalam era new normal covid19 yang tentunya  akan sekaligus mewujudkan nilai nilai dari 5 sila Pancasila tersbut,"tukasnya.(rel/*)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL