Diambil Alih Kemensos, Kuota BPJS Kes PBI Babar Menurun

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Anugrah Maha Putra.(dok)
Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Anugrah Maha Putra.(dok)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Anugrah Maha Putra menyampaikan adanya penurunan kepesertaan BPJS Kesehatan di Kabupaten Bangka Barat, Jumat (05/06/2020).

Anugrah menjelaskan penurunan kepesertaan ini lantaran penduduk yang didaftarkan (PD) oleh Pemerintah Daerah Bangka Barat beralih ke APBN.

"Karena ada peserta PD pemda kita dialihkan ke PBI APBN yang ditanggung pemerintah pusat," ungkap Anugrah yang akrab disapa Aan.

Berdasarkan data terkini yang disampaikan oleh Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Bangka Barat dari total jumlah penduduk Bangka Barat sebanyak 199.031/jiwa persentase progress pencapaian UHC (Universal Health Coverage) Juni 2020 sebesar 73,9 persen.

Dengan rincian sebanyak 147.230 peserta dari PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah/Informal) sebanyak 58.269, PPU (Pekerja Penerima Upah/ASN/TNI/Polri/Pekerja Swasta/BUMN/BUMD) sebanyak 33.558. PBI APBN sebanyak 29.484, PBI APBD sebanyak 23.460, dan BP (Bukan Pekerja/Investor/Pemberi Kerja/Veteran/Perintis Kemerdekaan/Pensiunan) sebanyak 2.459 sedangkan sebanyak 51.801 belum masuk peserta.

"Kalau kuota sisa PD Pemda Bangka Barat sebanyak 2.833, banyak kosong,"imbuh Aan.

Kekosongan kuota PBI APBD saat ini lantaran ada yang dialihkan ke PBI APBN, dan kuota yang sudah terisi PBI APBD Bangka Barat saat ini sebanyak 4.717 dari total kuota 7.550.

"Dialihkan beberapa yang PBI APBD diambil oleh pemerintah pusat yakni Kementrian Sosial,"tukas Aan.(rul/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL