Iwan Juling Diringkus Tim Opsnal Polres Bangka

Dwi H Putra    •    Sabtu, 06 Juni 2020 | 13:08 WIB
Lokal
Pelaku curanmor dan barang bukti yang berhasil diamankan aparat Polres Bangka.(ist)
Pelaku curanmor dan barang bukti yang berhasil diamankan aparat Polres Bangka.(ist)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Tim Opsnal Polres Bangka mengungkap kasus tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang terjadi di Bakam beberapa waktu lalu. 

Sebelumnya kejadian ini menimpa salah satu warga sesuai laporan polisi : LP / B- 138 / VII / 2018 / BABEL / RES Bangka / sek Bakam, tanggal 25 Juli 2018.

"Penangkapan pelaku dilakukan bekerja sama antara Tim Opsnal Satreskrim Polres Bangka dengan Tim Opsnal Satreskrim Polres Bangka Barat setelah melalui serangkaian penyelidikan," kata Kapolres Bangka AKBP Widi Heryawan didampingi Kabag Ops AKP Teguh dan Kasat Reskrim AKP Dedi Setiawan, Jumat (5/6/2020). 

"Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar kurang lebih Rp 15 juta dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Bakam," ujarnya. 

Lanjut Kabag Ops, Tim Opsnal Polres Bangka dipimpin Ipda Eka N. Zen sebelumnya mendapat informasi adanya terduga pelaku curanmor yang beraksi Rabu 25 Juli 2018 dinihari di Desa Dalil, Kecamatan Bakam.

Lalu, pada Selasa (2/6) sekitar pukul 17.00 WIB, Tim Gabungan Opsnal Polres Bangka bergerak bersama dengan Tim Opsnal Polres Bangka Barat melakukan penyelidikan tersangka curanmor yang berada di wilayah Desa Saing, Kecamatan Puding Besar. Pukul 18.30 WIB, tim gabungan Opsnal Polres Bangka dan Opsnal Polres Bangka Barat berhasil mengamankan pelaku tindak pidana curanmor saat berada di kediamannya.

Kemudian Tim Gabungan Opsnal Polres Bangka dan Opsnal Bangka Barat melakukan interogasi terhadap tersangka atas nama Sarwani alias Iwan Juling, mengakui telah melakukan curanmor di wilayah Kecamatan Bakam itu.

Diketahui sebelumnya, bahwa barang buktinya kejahatan pelaku tersebut berada di Polres Bangka Tengah yang kemudian Tim Opsnal Polres Bangka langsung menuju ke Polres Bangka Tengah untuk mengambil barang buktinya.

Saat dicek, nomor rangka dan nomor mesin motor Satria FU 150 warna hitam lis biru dan motor beat warna putih lis orange dan kedua motor tersebut sesuai dengan nomor rangka dan nomor mesin yang masuk laporan polisi Polsek Bakam. Kemudian barang bukti motor Satria FU 150 CC warna hitam lis biru dan motor honda beat putih lis orange langsung dibawa ke Polres Bangka.

Sebelumnya kejadian yang menimpa korban dilakukan pelaku Iwan Juling dengan cara masuk ke dalam rumah dengan cara mencongkel jendela depan rumah menggunakan linggis sepanjang kurang lebih 35 cm. Setelah jendela terbuka pelaku masuk ke dalam rumah dan menuju ke dapur rumah tempat ke dua motor satwria FU dan motor Honda Beat diparkirkan. 

"Pada saat itu kunci kedua motor tersebut masih menempel di sepeda motor. Kemudian pelaku yang merupakan resipis ini langsung membawa kedua sepeda motor tersebut melalui pintu dapur rumah," jelas Kabag Ops.

"Pelaku saat ini mendekam di sel tahanan Polres Bangka, dijerat sesuai Pasal 363 KUHP," pungkasnya. (dwi/wb)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE