Produk Pandemi: ketika desain adalah masalah hidup atau mati

Tim_Wow    •    Minggu, 07 Juni 2020 | 17:05 WIB
Hiburan
Peralatan APD yang diproduksi di pabrik Burberry, Inggris (Foto: Courtesy of Burberry)
Peralatan APD yang diproduksi di pabrik Burberry, Inggris (Foto: Courtesy of Burberry)

DESAIN telah menjadi alat yang ampuh dalam kampanye melawan pandemi Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir. Sayang, upaya industri untuk meningkatkan dan memenuhi permintaan yang mendesak tidak banyak berhasil. Kontribusi berasal dari rumah mode dan produsen mobil hingga pembuat sumber daya di rumah (ukm) dan, yang lebih mengejutkan, arsitek. Printer 3D yang biasanya digunakan untuk pembuatan model desain telah menghasilkan ribuan pelindung untuk pekerja NHS.

Tugas untuk membuat barang-barang tekstil secara tak terelakkan telah dipimpin oleh rumah mode yang didirikan dengan akses ke workshop dan rantai pasokan yang ada. Burberry misalnya, telah mengeluarkan 100.000 gaun non-bedah di pabrik trench coat-nya di Yorkshire dan pabrik Barbour di South Shields, Inggris sekarang memproduksi 1.000-1.500 gaun APD sekali pakai sehari. Rumah mode Italia seperti Prada, Armani dan Zegna Group juga telah menjadi produsen pakaian pelindung dalam semalam. Bvlgari, yang dikenal dengan aksesoris dan parfum, telah mengalihkan fokus produksinya dari aroma ke sanitasi, memberikan 160.000 botol 75ml gel hand sanitizer yang diberi label "Bvlgari" ke NHS.

Industri dirgantara dan otomotif bergabung dalam upaya mereka untuk mendukung pembuatan ventilator. Sebuah konsorsium termasuk Rolls Royce, Airbus dan BAE Systems, Ford dan McLaren telah secara signifikan meningkatkan produksinya oleh produsen utama Inggris, Penlon dan Smiths Group, dari 50 atau 60 ventilator per minggu menjadi sebanyak 1.500.

"Apa yang Anda lihat dalam beberapa minggu terakhir adalah aktivitas skala industri besar-besaran yang melibatkan ribuan orang," jelas Dick Elsy, yang memimpin Ventilator Challenge UK seperti dikutip dari the Guardians. "Tujuh pabrik baru telah dibangun secara paralel dengan produksi yang ada untuk mendapatkan volume."

McLaren, misalnya, mengganti mobil berkinerja tinggi untuk peralatan medis berkinerja tinggi, memproduksi komponen dan troli penguji kecelakaan untuk ventilator.

Desainer Richard Quinn baru saja menyelesaikan koleksinya untuk London Fashion Week Februari ketika Covid-19 menjadi pandemi dan dunia lockdown. Rencananya untuk membuat ansambel opera untuk daftar selebriti yang berkilauan untuk dikenakan ke Met Gala di New York pada bulan Mei terpaksa dibatalkan, jadi dia beralih membuat face shield untuk petugas kesehatan.



BACA JUGA
TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL