PT RBA Bedah Rumah Keluarga Risayanto

Rumah milik Risayanto yang bakal 'dibedah' PT RBA.(wb)
Rumah milik Risayanto yang bakal 'dibedah' PT RBA.(wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Risayanto (47) dan lima anaknya sebentar lagi tak takut rumah pondok mereka akan roboh. Rumah lebih tepat disebut pondok kebun yang sudah dihuninya selama hampir delapan tahun itu kelihatan rapuh. Selama ini pula Risayanto bersama isteri dan enam anaknya bernaung dari panas, hujan, dan dingin malam di dalam gubuk berukuran tiga kali empat meter itu. Beratap rumbia dengan lapisan plastik menahan tetes hujan yang berada di tengah hutan itulah Risayanto bertahan hidup.

Dia dan isteri dan tiga anaknya yang remaja bertahan dengan hidup dari hasil kebun dan melimbang timah di tepian sungai tak jauh dari kebun.

"Untuk makan ikan segar saja saya dan anak-anak bisa setahun sekali. Penghasilan dari melimbang untuk beras saja pas-pasan," ujar Rina , isteri Risayanto.

Direktur PT Ration Bangka Abadi (RBA) Vindyarto  mendapat kabar tentang kehidupan keluarga Riasayanto di Desa Keritak, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah bergegas mengunjungi kediaman Risayanto. 

Vindyarto tak saja memdapati gubuk yang reot, namun kisah anak-anak Risayanto yang putus sekolah dan dua anak lainnya yang akan memasuki bangku sekolah bakal terancam.

"Masih dua anak saya lagi yang belum sekolah, kalau kakaknya cuma sampai SD itupun tidak tamat. Kehidupan kami seperti ini untuk makanpun susah," tutur Rina.

Tanpa berfikir, Vindyarto alias Yanto Purba menyatakan keikhlasannya untuk membantu bedah rumah Risayanto.  Gubuk akan dijadikan rumah semi permanen yang layak untuk ditempati terutama abagi anak-anak Risayanto.

"Kami bantu bedah rumahnya karena ini lebih kepada panggilan kami di PT RBA sebagai manusia. Ternyata masih ada saudara kita yang hidup di rumah yang tidak layak sebagai rumah. Bagaimana dengan anak-anaknya yang masih yang memubutuhkan rumah sebagai tempat awal untuk tumbuh sebagai manusia dewasa ," ujar Yanto.

Keinginan PT RBA disambut dengan tetes air mata oleh Rina isteri Risayanto. "Masih ada yang memperhatikan kami, bapak dari jauh saja masih peduli," kata Rina dengan air mata yang menetes.(wb)




MEDSOS WOWBABEL