Jelang New Normal, Pemkot Godok SOP Protokol Kesehatan Pariwisata dan Pelaku Usaha

ilustrasi
ilustrasi

PANGKALPINANG, wowbabel.com - Menjelang pemberlakuan new normal, Dinas Pariwisata bersama Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang sedang menggodok Standar Operasional Prosedur (SOP) protokol kesehatan bagi pengelola tempat wisata serta pelaku usaha di Kota Pangkalpinang.

"Untuk pembatasan jumlah pengunjung masih kita bicarakan dan itu akan di masukkan dalam protokol kesehatan bagi pengelola tempat wisata seperti Pasir Padi," kata Kabid Pariwisata Kota Pangkalpinang, Dwidy Sutiasmi, Kamis (11/6/2020).

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Disperindag Kota Pangkalpinang, Donal Tampubolon, pihaknya sedang menyusun SOP atau protokol kesehatan bagi pelaku usaha menjelang penerapan new normal.

"SOP baru kita susun dan hari ini yang terkahir, nanti kita akan rapatkan dengan Tim Gugus Tugas secara keseluruhan dan Dinas Pariwisata," kata Donal saat dikonfirmasi.

Donal mengatakan tercatat ada sekitar 6000 pelaku UMKM di 7 Kecamatan Kota Pangkalpinang yang trdampak akibat penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Jadi yang terdampak dari data kita ada sekitar 6000-an yang ada 7 Kecamatan. Kalau sampai ada yang benar-benar tutup tidak ada, cuma yang jelas mempengaruhi omset penjualan sampai turun," ujarnya.

Menurut Donal, terdapat empat SOP yang telah disiapkan oleh Disperindag, misalnya mengenai jam buka dan jarak antar pedagang untuk pasar rakyat, toko swalayan atau supermarket dan mall.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL