Realisasi BST Covid-19 Basel Sebesar Rp8,8 M Masih Nol Persen

Rapat Forkopimda Basel. (Astoni/wowbabel)
Rapat Forkopimda Basel. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, wowbabel.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sama sekali belum mengucurkan dana Covid-19 untuk bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat.

Padahal Pemkab Basel telah mengalokasikan anggaran bansos melalui APBD 2020 sebesar Rp8,8 M. Rencana peruntukan dana tersebut untuk membantu ekonomi masyarakat miskin ditengah pandemi Covid-19.

Namun, realisasi anggaran itu hingga kini masih nol persen alias sama sekali belum tersalurkan kepada masyarakat.

Masih mengendapnya anggaran APBD bansos itu terungkap dalam rapat analisa dan evaluasi (Anev) Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Basel yang dipimpin Wakil Ketua Tim Gugus Tugas, AKBP S Ferdinand Suwarji, Selasa (9/6/2020).

Kepala Inspektorat, PD Marpaung selaku bidang Akuntabilitas dan Pengawasan Tim Gugus Tugas Covid-19 dalam laporannya mengungkapkan bahwa Rp8,8 miliar dana jaring pengaman sosial pandemi Covid-19 yang berasal dari APBD belum tersalurkan. Bahkan, rencana penggunaanya sama sekali belum diajukan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Dikonfirmasi wowbabel.com, Kamis (11/6/2020) PD Marpaung membenarkan perihal tersebut.

"Benar, total Rp8,8 Miliar yang berasal dari APBD 2020 dan belum diajukan untuk rencana penggunaannya," ungkap PD Marpaung.



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE