Update Covid-19: Bertambah Tiga Positif Covid-19, di Bangka Total 54 Kasus

Dwi H Putra    •    Sabtu, 13 Juni 2020 | 16:40 WIB
Lokal
Juru Bicara Bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Bangka, Boy Yandra.(ist)
Juru Bicara Bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Bangka, Boy Yandra.(ist)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Kasus terkomfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bertambah tiga orang, sehingga total saat ini sebanyak 54 kasus tersebar di enam kecamatan.

Juru Bicara Bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Bangka, Boy Yandra, mengatakan penambahan kasus terjadi di Kecamatan Pemali dan Sungailiat.

"Betul kasus kembali bertambah, kali ini tiga kasus, satu dari Pemali dan dua dari Sungailiat," kata Boy Yandra di Sungailiat, Sabtu (13/6/2020).

"Untuk pasien ini atas nama RM (18) asal Pemali, lalu dua warga negara asing (WNA) yakni NY (63) dan TBJ (35) asal Thailand, ketiganya sudah dikarantina sejak beberapa waktu lalu di provinsi," ujarnya.

Lanjut Boy Yandra, pengambilan sampel swab milik RM dan dua WNA ini dilaksanakan tanggal 11 Juni 2020, diketahui 12 Juni 2020 dari Lab RSBT Pangkalpinang hasil positif.

Dan dari 54 kasus pasien terkomfirmasi positif Covid-19 di Bangka, pasien terbanyak berada di Kecamatan Pemali yakni 25 orang, kemudian Sungailiat sebanyak 14, Belinyu sebanyak sembilan, Merawang sebanyak empat serta Puding Besar dan Mendo Barat masing-masing satu orang.

"Dari 54 kasus ini, sudah dinyatakan sembuh sebanyak 13 orang, dari Kecamatan Pemali, Merawang dan Sungailiat," jelas Boy Yandra.

Ditambahkannya, guna memutuskan mata rantai penyebaran, GTPPC-19 Bangka selain melaksanakan penyelidikan epidemiologi (PE) juga melakukan penyemprotan disinfektan, serta terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk meningkatkan protokol kesehatan Covid-19.

"Kami juga tetap melakukan PE di dua kecamatan yakni Kecamatan Riau Silip dan Bakam yang belum terpapar Covid-19, sebab kemungkinan dari puluhan pasien ini ada yang bersilaturahmi atau berkunjung kesana," paparnya.

"Dan hingga saat ini terdata sebanyak 263 orang dalam pemantauan selesai pemantauan sebanyak 240 orang, sedangkan pasien dalam pengawasan sebanyak 37 orang selesai pengawasan sebanyak 35 orang, lalu untuk orang tanpa gejala sebanyak 607 orang selesai pengawasan sebanyak 400-an, dan untuk uji sampel swab PCR masih 112 orang," tukas Boy Yandra. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL