Ajukan Tambahan Anggaran, KPU Basel Diminta Efisiensi

Pj Sekda Basel, Achmad Ansyori.(as/wb)
Pj Sekda Basel, Achmad Ansyori.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengatakan telah merespon pengajuan anggaran tambahan usulan KPU Basel sebesar Rp 3,7 M, namun usulan tersebut tidak bisa dipenuhi pemerintah.

"Pengajuan usulan tambahan anggaran KPU sudah kita sepakati dan ditandatangani bahwa belum bisa mengakamodir usulan tersebut mengingat kondisi keuangan daerah," kata Pj Sekda Basel, Achmad Ansyori, Senin (15/6/2020).

Dengan demikian KPU diminta untuk memanfaatkan anggaran yang ada sebesar Rp 18 M untuk kebutuhan alat pelindung diri (APD) guna menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada.

Menurut  hemat pemerintah, KPU masih bisa melakukan rasionalisasi anggaran yang ada untuk kebutuhan penerapan protokol kesehatan.

"Kita sarankan agar KPU efisiensi anggaran yang sudah disepakati sebesar Rp 18 miliar lebih itu. Kami rasa KPU masih ada spare anggaran, pertama berkaca pilkada sebelumnya realisasi anggaran KPU diangka 85 persen, dan  tahapan beberapa bulan ini kan tertunda artinya ada dana yang belum terserap," ujarnya.

Lanjutnya, ada wacana pemerintah bahwa penerapan protokol kesehatan KPU akan ditanggung pemerintah pusat melalui APBN.

"Berdasarkan vicon KPU Pusat, Bawaslu bersama pemerintah dan juga Komisi II DPR RI belum lama ini bahwa penerapan protokol kesehatan pada penyelenggara pemilu ditengah pandemi Covid  menjadi tanggungjawabnya pemerintah pusat didanai melalui APBN," tuturnya

Namun, jika memang harus dibebankan pada APBD daerah dan KPU Basel kekurangan anggaran untuk penerapan protokol kesehatan Covid, maka  Pemkab Basel akan mencarikan solusi agar penyelenggarakan Pilkada di daerah setempat berjalan aman lancar ditengag pandemi Covid-19.

"Kalau memang terpaksa kita carikan solusi misalkan kalau ada stok APD (alat pelinding diri) di Dinkes bisa kita alihkan ke kPU  kalau memang aturan memperbolehkannya. Tapi kita percayakan KPU bisa melakukan efisiensi anggaran," tukasnya.(as/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE