Bawaslu Babar Pantau Akun Bodong Medsos Mulai Bermunculan

Chairul Aprizal    •    Selasa, 16 Juni 2020 | 14:20 WIB
Pilkada
Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Rio Febri Fahlevi.(rul/wb)
Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Rio Febri Fahlevi.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Menjelang Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Bangka Barat, Bawaslu Kabupaten Bangka Barat sudah mendeteksi ada sejumlah akun bodong yang mulai menggiring opini publik di media sosial.

Ketua Bawaslu Bangka Barat, Rio Febri Fahlevi mengakui memang belum ada juknis terkait Pengawasan Pilkada yang akan menyesuaikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

"Karena PKPU kampanye kan belum terbit juga tergantung dari PKPU cuma kita sudah berkomunikasi dengan pihak Polres yang mempunyai tim cyber,” kata Rio, Selasa (16/06/2020).

Dikatakan Rio, komunikasi kepada pihak kepolisian ini untuk menyikapi akun-akun bodong yang mulai bermunculan dan melakukan pergerakan di sosial media.

"Sudah sangat banyak malahan kan, akun bodong ini yang kita anggap yang memang pada akhirnya memprovokasi,” tutur Rio.

Rio menyebutkan akun akun bodong ini di media sosial mengarahkan ke bahasa-bahasa yang miring untuk memprovokasi.

"Nantinya kita akan kordinasi lebih lanjut dengan Tim Cyber Bareskrim seperti apa, kalau sudah berbicara ke hate speech mungkin sudah ke ITE nanti bukan lagi pelanggaran," jelasnya.

Diakui Rio, pihaknya sudah melakukan pemantauan terhadap beberapa akun bodong yang sudah melakukan penggiringan opini publik tapi masih dikategorikan soft.

"Sekedar promosi promosi lah ya memuat publik opinilah, iya masih dalam pemantauan masih rambu kuning,” imbuh Rio.

Rio berharap penggiat medsos tidak melakukan penyalahgunaan dan tetap menjadi penggiat medsos yang mencerdaskan masyarakat.(rul/wb)




MEDSOS WOWBABEL