Dana Covid Ditolak Pemkab Basel, KPU Basel Ajukan Sejuta Lebih Item APD

Aston    •    Selasa, 16 Juni 2020 | 14:42 WIB
Pilkada
Ketua KPU Bangka Selatan, Amri.(dok)
Ketua KPU Bangka Selatan, Amri.(dok)

TOBOALI,www.wowbabel.com --  Usaha Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tak lantas berhenti setelah  pengajuan anggaran tambahan sebesar Rp 3,7 miliar ditolak pemerintah daerah setempat. KPU Basel kembali melayangkan surat  permohonan bantuan fisik berupa alat pelindung diri (APD). 

Surat permohonan bantuan ditujukan kepada Ketua Tim Gugus Tugas  Covid-19 Bangka Selatan, dalam hal ini Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer.

Surat KPU dengan nomor surat 177/PL.02.2-SD/1903/KPU-Kab/VI/2020 ditandatangani Ketua KPU Bangka Selatan, Amri, Senin (15/6/2020) kemarin dan bersifat penting. 

Permohonan bantuan APD diajukan KPU  setelah gagal mengajukan anggaran tambahan sebesar Rp 3,7 miliar untuk kebutuhan pengadaan APD dalam melaksanakan Pilkada  2020 di daerah setempat. 

Jumlah permohonan kebutuhan APD sebagaimana terlampir dalam surat  lebih dari sejuta item APD, yakni 1.249.904. Item APD tersebut terdiri masker, hand sanitizer, sarung tangan, pelindung wajah, dan thermal gun. 

Ketua KPU Bangka Selatan,  Amri membenarkan surat permohonan bantuan APD KPU Basel. Ia mengatakan permohonan bantuan APD tersebut untuk kebutuhan pelaksanaan tahapan verifikasi faktual syarat dukungan perorangan yang akan dilaksanakan 24 Juni mendatang.

"Iya benar kita mengajukan permohonan bantuan APD untuk kebutuhan pelaksanaan tahapan verifikasi faktual," ujar Amri dihubungi wowbabel.com, Selasa (16/6/2020).

Amri menyampaikan, permohonan bantuan APD terpaksa mereka lakukan mengingat pengajuan tambahan anggaran untuk pengadaan APD ditolak pemerintah. Sementara dijelaskan Amri, pelaksaan Pilkada wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19. 

"Kalau kita tidak ada APD untuk menerapkan protokol kesehatan maka tahapan tidak bisa kita laksanakan. Besok kita bersama Bawaslu rencananya mau rakor dengan Tim Gugus Tugas untuk membahas persoalan ini, " tukas Amri.(as/wb)





MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE