Distress Alert Kapal Tugboat Ditemukan BASARNAS di Perbatasan Tanjung Pinang dan Utara Bangka

Dwi H Putra    •    Selasa, 16 Juni 2020 | 19:02 WIB
Lokal
Distress Alert Kapal tughboat sumber marine 5 yang memancar di perbatasan Perairan Tanjung Pinang - Utara Bangka, setelah pencarian selama 12 jam akhirnya ditemukan. (Dwi/wowbabel)
Distress Alert Kapal tughboat sumber marine 5 yang memancar di perbatasan Perairan Tanjung Pinang - Utara Bangka, setelah pencarian selama 12 jam akhirnya ditemukan. (Dwi/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), akhirnya menemukan titik terang mengenai Distress Alert Kapal tughboat sumber marine 5 yang memancar di perbatasan Perairan Tanjung Pinang - Utara Bangka, setelah melaksanakan pencarian selama 12 jam.

Kapal tugbot tersebut ditemukan kapal KN Karna 246 pada posisi 00 º  59.980 S , 107 º  16.463 E, setelah ditemukan tim memeriksa Peralatan EPIRB dan diketahui dari hasil pemeriksaan dan menurut kesaksian nahkoda tugboat bahwa EPIRB mengalami kerusakaan dan memancar terus, Tim Pencarian dan Pertolongan kemudian mematikannya peralatan tersebut.

"Alhamdullilah untuk EPIRB yang mengirimkan sinyal telah kita temukan dan kondisi awak kapal dalam keadaan selamat semua, untuk kondisi kapal tidak rusak atau mengalami trouble, ini hanya faktor kerusakan EPIRB itu sendiri," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang, Fazzli, SAP di Pangkalpinang, Selasa (16/6/2020). 

"Tindakan kami ketika menerima sinyall Distress harus responsif, karena itu alat keselamatan dan signal pencari bantuan, walaupun kebanyakan EPIRB yang dimiliki kapal belum terdaftar di BASARNAS," ujarnya. 

Sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang menerima info Distress Alert sebanyak 12 kali dari Kapal Tugboat Sumber Marine 5, sinyal ini memancar mulai dari 15 Juni 2020 pukul 02.58 WIB hingga 15 Juni 2020 pukul 10.06 WIB di Perairan Tanjung Pinang - Utara Bangka.



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE