Ini Dua Lokasi Terbaik di Babel untuk Melihat Gerhana Matahari Cincin 2020

Ilustrasi gerhana matahari cincin.(net)
Ilustrasi gerhana matahari cincin.(net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Fenomena gerhana matahari cincin (GMC) akan melewati sejumlah negara, salah satunya adalah Indonesia. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi gerhana matahari cincin akan terjadi, Minggu (21/6/2020).

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji, berdasarkan peta magnitudo gerhana matahari cincin pada 21 Juni 2020 yang teramati dari Kepulauan Bangka Belitung adalah Gerhana Matahari Sebagian.

Baca Juga: Ini Panduan dan Tata Cara Salat Gerhana Matahari Cincin 21 Juni

Gerhana yang teramati dari Bangka Belitung berupa gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,086 di Mentok hingga 0,100 di Sungailiat.

Data visibilitas GMC 21 Juni 2020 di Kepulauan Bangka Belitung secara umum, gerhana di Bangka Belitung akan mulai pada pukul 14.25 WIB, puncak gerhana terjadi pada pukul 15.10 WIB, dan gerhana akan berakhir pada pukul 15.51 WIB. Durasi gerhana yang teramati di Bangka Belitung rata-rata adalah 1,31 jam.

Baca Juga: Beberapa Wilayah dan Negara Dilintasi Gerhana Matahari Cincin Tanggal 21 Juni 2020

Kurniaji mengatakan, informasi yang diperoleh oleh pihaknya dari pusat terkait gerhana matahari cincin tidak terlalu detail, terutama terkait titik lokasi yang paling ideal bagi masyarakat untuk dapat mengamati fenomena GMC ini dengan mata terbuka tanpa alat bantuan.

Akan tetapi, dari pengalaman saat fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) Maret 2016 lalu, wilayah pesisir sekitar Bangka Selatan dan Bangka Tengah masih menjadi titik yang paling baik untuk mengamati fenomena gerhana matahari secara umum.

"Selain itu dihimbau kepada masyarakat yang berencana mengamati fenomena GMC Minggu 21 Juni 2020, baiknya tetap menggunakan kacamata anti radiasi agar aman dari resiko buruk akibat paparan radiasi cahaya matahari secara langsung," ujar Kurniaji.(hen/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE