Pemkot Siapkan Edaran Protokol Kesehatan Covid-19 Menuju New Normal

Rapat pembahasan New Normal yang dipimpin langsung oleh Walikota Pangkalpinang, Maulana Aklil bersama Tim Gugus Tugas dan Forkopimda, Selasa (23/6/2020) siang. (Hen/wowbabel)
Rapat pembahasan New Normal yang dipimpin langsung oleh Walikota Pangkalpinang, Maulana Aklil bersama Tim Gugus Tugas dan Forkopimda, Selasa (23/6/2020) siang. (Hen/wowbabel)

PANGKALPINANG, wowbabel.com - Pemerintah Kota Pangkalpinang bakal mengeluarkan surat edaran baru terkait SOP protokol kesehatan Covid-19 menuju new normal. Hal itu telah dibahas oleh Walikota Pangkalpinang, Maulana Aklil bersama Tim Gugus Tugas dan Forkopimda, Selasa (23/6/2020) siang.

"Ini artinya bukan kita melegalkan normal tapi menuju new normal, baik rumah ibadah, tempat wisata, mall. Nanti ada surat edaran kami yang akan menjelaskan terkait (prosedur) restoran, hotel dan sejenisnya untuk apa saja yang mereka harus penuhi sebagai SOP nya," ujar dia.

Molen menyebut, sejumlah aktivitas bakal diperbolehkan untuk beroperasi namun harus sesuai dengan standar operasional prosedur protokol kesehatan Covid-19.

"Artinya silahkan buka seperti dulu tapi tetap harus melakukan standar operasional dari Covid-19," kata dia.

Tidak menutup kemungkinan, bagi pelanggar yang melanggar SOP tersebut, Pemkot juga bakal memberikan sanksi tegas maupun imbauan yang telah dibuat yang nantinya akan diberlakukan oleh Tim Gugus Tugas.

"Seperti yang tidak menggunakan masker. Kalau restoran, hotel ataupun sejenisnya tidak memenuhi SOP seduh kita tetapkan tidak menutup kemungkinan itu akan kami tutup kembali. Mereka kita larang untuk buka," kata Molen.

Kata Molen, surat edaran tersebut bakal disebarkan pada 26 Juni 2020. Tim Gugus Tugas akan memonitoring langsung pada tempat-tempat keramaian menjelang menuju new normal tersebut.

"Tanggal 26 Juni surat edaran menuju new normal itu akan kita sebarluaskan. Jadi Tim Gugus Tugas kita akan memonitor atau menjaga dan melihat terkait pelaksanaan ini. Kita prioritaskan seperti tempat wisata dan tempat ibadah," tukasnya. (Hen/wb)



MEDSOS WOWBABEL