PPS Harus Rapid Test Sebelum Ketok Rumah Pendukung Kodi-Rusliadi

Aston    •    Rabu, 24 Juni 2020 | 17:33 WIB
Pilkada
Ketua KPU Bangka Selatan, Amri.(as/wb)
Ketua KPU Bangka Selatan, Amri.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengatakan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bertugas melakukan verfikasi faktual  harus menjalani rapid test sebagaimana edaran KPU RI.

"Ya, sesuai edaran KPU RI seluruh PPS harus menjalani tes kesehatan, rapid test sebelum turun lapangan melakukan verifikasi faktual, maka kita masih berkoordiasi dengan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19," ujar Amri Ketua KPU Basel kepada wowbabel.com, Rabu (24/6/2020).

Menurut Amri, tujuan rapid test untuk memastikan kesehatan para PPS mengingat tengah pandemi Covid-19. Protokol kesehatan Covid-19 wajib diterapkan KPU.

"Sejauh ini baru masker dan hand sanitizer yang diakamodir tim gugus tugas dan sarung tangan pengadaan kita sendiri. Kalau rapid test tidak bisa diakamodir kami akan berkoordinasi dengan KPU RI," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Amri penggunaan alat pelindung diri (APD) seperti baju hazmat dan pelindung wajah akan digunakan apabila petugas melakukan verifikasi faktual di daerah yang ada terpapar Corona.

"Kalau daerah rawan, daerah terpapar tidak menutup kemungkinan petugas PPS harus mengenakan APD seperti baju hazmat dan pelindung wajah demi keselamatan petugas lapangan," tukasnya.(as/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE