Lakukan Verifikasi, Pasangan KORI Minta KPU Basel Adil dan Profesional

Aston    •    Kamis, 25 Juni 2020 | 13:18 WIB
Pilkada
Pasangan bakal calon jalur perorangan Pilkada Bangka Selatan (Basel) Kodi-Rusliadi atau KORI.(as/wb)
Pasangan bakal calon jalur perorangan Pilkada Bangka Selatan (Basel) Kodi-Rusliadi atau KORI.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Pasangan bakal calon jalur perorangan Pilkada Bangka Selatan (Basel) Kodi-Rusliadi atau KORI meminta profesionalitas kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam melaksanakan verifikasi faktual .

"KORI percaya bahwa tim verifikasi faktual akan bekerja secara profesional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan," ujar Kodi kepada wowbabel.com usai menghadiri sosialisasi teknis verifikasi faktual yang digelar KPU Basel, Rabu (24/6/2020).

Kodi mengatakan liaision officer (LO) KORI bersama seluruh tim relawan  ikut mengawasi pelaksanaan verifikasi yang dilaksanakan oleh KPU. 

"Sejauh ini kami melihat semua pihak yang terkait masih saling menghargai . Sekalipun  begitu kami akan tetap mengawasi seluruh proses verifikasi untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan," tuturnya. 

Lebih lanjut dikatakan Kodi, disamping mengawasi, LO KORI akan bekerjasama dengan KPU jika petugas verifikasi panitia pemungutan suara (PPS) menemui kendala di lapangan.

"Kalau diminta mengumpulkan pendukung kita untuk memudahkan verifikasi maka kita siap menghadirkannya. Intinya kita siap berkoordinasi dengan baik, dan kami juga berharap dan percaya KPU adil dan profesionalitas," harapnya. 

KPU Basel telah menyerahkan dokumen syarat dukungan jalur perorangan KORI kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk diserahkan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) selaku petugas yang melakukan verifikasi faktual secara sistem sensus. 

Verifikasi  faktual dimulai 29 Juni sampai 12 Juli 2020. Teknis pelaksanakaan dilakukan secara serentak diseluruh desa dan kelurahan , yakni 47 Desa dan 3 Kelurahan. Jumlah syarat dukungan KORI sebanyak 15.305 yang akan dilakukan verifikasi faktual oleh KPU.

Sementara petugas PPS yang akan melakukan verifikasi sebanyak tiga orang petugas disetiap desa dan kelurahan, serta diperbantukan tiga orang petugas sekretariat PPS di setiap desa dan kelurahan.(as/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL