Persiapan New Normal, Koramil 413-09 Tinjau Rumah Ibadah dan Tempat Hiburan

Dwi H Putra    •    Kamis, 25 Juni 2020 | 13:51 WIB
Lokal
Koramil 413-09/Pangkalan Baru bersama pihak kecamatan, polsek, puskesmas dan KUA Pangkalan Baru melaksanakan kegiatan Pendampingan Pengawasan Protokol kesehatan Covid-19 di Kecamatan Pangkalan Baru.(ist)
Koramil 413-09/Pangkalan Baru bersama pihak kecamatan, polsek, puskesmas dan KUA Pangkalan Baru melaksanakan kegiatan Pendampingan Pengawasan Protokol kesehatan Covid-19 di Kecamatan Pangkalan Baru.(ist)

PANGKALANBARU, www.wowbabel.com -- Koramil 413-09/Pangkalan Baru bersama pihak kecamatan, polsek, puskesmas dan KUA Pangkalan Baru melaksanakan kegiatan Pendampingan Pengawasan Protokol kesehatan Covid-19 di Kecamatan Pangkalan Baru.

Kegiatan dilaksanakan dengan meninjau lokasi rumah ibadah dan tempat hiburan di wilayah Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah. 

"Kegiatan ini berkaitan dengan pengajuan rekomendasi rumah ibadah dan tempat hiburan yang ada di wilayah Pangkalan Baru, yang akan kembali mengadakan peribadatan dan tempat hiburan seperti karaoke dalam upaya pemberlakuan New Normal di masyarakat," kata Danramil 413-09/ Pangkalan Baru, Kapten Inf Idhamudin di Pangkalan Baru, Kamis (25/6/2020). 

"Ada lima tempat peribadatan dan satu karaoke yang kami tinjau langsung, terutama terkait kesiapan pengurus dan pengelola seperti menyiapkan tempat cuci tangan, mewajibkan pemakaian masker dan jaga jarak atau physical distancingnya," ujarnya. 

Lebih lanjut dikatakannya, tempat-tempat itu diantaranya Vihara Eka Dharma Metta Karuna di Dusun Sam Hin Desa Padang Baru, Gereja GPKris di Dusun Merengkan Desa Benteng, Gereja Bethel Indonesia Jl Soekarno - Hatta Kelurahan Dul, Gereja GPKris Jl Nyatoh Desa Pedindang, Klenteng Setia Desa Pedindang dan Master Piece Karaoke Jl Soekarno - Hatta Kelurahan Dul. 

"Kami bersama unsur Tripika dan otoritas Kesehatan Puskesmas Pangkalan Baru mengecek kesiapan tempat peribadatan dan tempat hiburan ini, karena adanya pengajuan rekomendasi kegiatan terkait kesesuaian dengan standarnisasi Protokol Kesehatan Covid-19 berkenaan dengan tempat keramaian dalam rangka  penerapan New Normal," jelas Kapten Inf Idamudin. 

Menurutnya, standarisasi yang di cek terkait kesiapan tempat meliputi tempat cuci tangan dengan sabun dan atau Hand sanitizer di pintu keluar dan pintu masuk tempat ibadah dan tempat hiburan, kemudian petugas yang akan melaksanakan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan Covid - 19 di tempat ibadah dan tempat hiburan.

Lalu, kesiapan alat pengukur suhu tubuh di pintu masuk tempat ibadah dan tempat hiburan. Pembersihan dan penyemprotan disinfektan pada seluruh bagian ruang tempat ibadah dan tempat hiburan secara berkala. Pembatasan akses pintu masuk dan pintu keluar tempat ibadah dan tempat hiburan. Pengaturan jarak antara para  jema'at kegiatan keagamaan dan pengunjung tempat hiburan minimal satu meter dengan memasang tanda khusus (X) di kursi atau lantai.

"Pastinya harus memiliki surat pernyataan kesiapan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang telah di tentukan," tukasnya. 

"Nah dari beberapa lokasi itu, Vihara Eka Dharma Metta Karuna, Gereja GPKris Dusun Merengkan, Gereja Bethel Indonesia dan Klenteng Setia telah sesuai menyiapkan standarnisasi Protokol Kesehatan Covid -19 dan rekomendasi atas kegiatan kebaktian dapat dilaksanakan sesuai pengaturan kegiatan dan jadwal yang ditentukan masing-masing rumah ibadah, sedangkan Gereja GPKris Jl Nyatoh Desa Pedindang dan Master Piece Karaoke belum bisa dan memenuhi standarisasi yang ditentukan," tukasnya. pungkasnya. (dwi/wb)




MEDSOS WOWBABEL