Adet Mastur: Akan Kami Kawal, Ini Anggaran Pusat

Ketua Komisi II DPRD Babel, Adet Mastur. (Dwi/wowbabel)
Ketua Komisi II DPRD Babel, Adet Mastur. (Dwi/wowbabel)

"Nah ini kami takutkan menimbulkan fiktif nantinya. Maka dari itu kedepan kita ingin by name by address, mana kelompok-kelompok yang menerima, kita akan kroscek ke lapangan, apakah mereka itu betul-betul berhak menerima ataupun tidak," ungkapnya.

Pihaknya pembagian bibit lada ini betul-betul mendapatkan hasil yang memuaskan dan bermanfaat bagi masyarakat petani.

"Tetapi kalau misalnya hanya ada pengadaan, hanya ada kegiatan, kalau mutunya nggak bagus, kita berharap pihak-pihak yang terkait untuk memproses," pungkasnya.

Terpisah, Gubernur Babel Erzaldi Rosman menyarankan kepada petani agar menanam lada yang benar mengikuti Petunjuk Penyuluh Lapangan (PPL) agar bibit lada ini dapat tumbuh sesuai yang diinginkan.

Hal ini disampaikan Erzaldi ketika memberikan bantuan bibit lada untuk tiga desa yaitu Desa Rukam, Desa Mancung, dan Desa Bulin Kabupaten Bangka Barat yang berlangsung di Kantor Desa Bulin, Kamis, (25/6/2020) kemarin.

Selain itu, ia mengajak para petani lada agar menggunakan pupuk organik, supaya unsur hara pada tanah tetap terjaga dengan baik, lada pertumbuhan sehat terhindar dari serangan hama dan penyakit sehingga secara otomatis dapat meningkatkan produksi lada.

"Kalau produksi lada meningkat, secara otomatis pendapatan petani meningkat, karena dengan cara seperti ini kita meningkatkan harga lada melalui peningkatan produksi. Sebab, harga lada ini kita tidak bisa mengaturnya sekalipun presiden, karena harga lada ditentukan oleh pasar dunia. Oleh karena itu, kami memberikan bibit gratis beserta pupuk organik. Ini kami lakukan semata-mata meningkatkan pendapatan petani," pungkasnya. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL