AZ, Tersangka Perusakan Hutan Lindung Sudah Dilimpahkan ke Pengadilan

Kasi Pidum Kejari Bangka Tengah, Budhi.(her/wb)
Kasi Pidum Kejari Bangka Tengah, Budhi.(her/wb)

KOBA, www.wowbabel.com -- Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Ditjen Gakkum KLHK pada18 Maret 2020 lalu telah menangkap dan menahan AZ (44 tahun) warga Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

AZ diduga merusak kawasan Hutan Lindung Lubuk Besar Desa Beriga Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah, dengan menebang pohon dan memangkas tanah menggunakan alat berat terancam hukuman pidana penjara maksimum 15 tahun dan denda maksimum Rp 100 miliar.
 
“Kegiatan merusak itu sudah berlangsung sejak September 2019 dimana AZ membuka kawasan hutan, menebang pohon dan memangkas tanah perbukitan dengan alat berat dan berdasarkan olah lokasi kejadian 9 Maret 2020 lalu lahan yang sudah rusak seluas 3,12 hektar dengan kedalaman 5-7 meter,” terang Yazid Nurhuda, Direktur Penegakan Hukum Pidana KLHK di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Saat ini AZ sudah dititipkan di tahanan Polres Bangka Tengah (Bateng) dan akan segera dilimpahkan ke pengadilan untuk menjalani sidang.

Menurut Kasi Pidum Kejari Bateng, Budhi mengungkapkan pihak Kejari sudah melakukan perpanjangan masa tahanan terhadap tersangka AZ dan sudah dilimpahkan ke pengadilan.

"Kita melakukan perpanjangan masa tahanan dulu dari tanggal 24 Juni sampai 23 Juli mendatang dan pada Jumat, (26/06/2020) kasusnya sudah dilimpahkan ke pengadilan," katanya, Sabtu (27/06/2020)

Ia menambahkan untuk sidang perdana pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pengadilan dan mengenai waktunya belum diketahui kapan karena masih menunggu penetapan hakim terlebih dahulu. (her/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL