Puluhan Anak Diduga Korban Sodomi, Roki: Kabupaten Layak Anak Jangan Hanya Sebatas Slogan

Anggota Komisi II Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Apri Panzupi.(her/wb)
Anggota Komisi II Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Apri Panzupi.(her/wb)

KOBA, www.wowbabel.com -- Kasus kekerasan seksual terhadap anak yang terjadi di Kecamatan Simpang Katis Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mendapat perhatian serius dari Anggota Komisi II Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Apri Panzupi.

Ia menyebutkan kasus kekerasan seksual terhadap anak di Kabupaten Bateng seperti gunung es.

Apri juga menyinggung terkait predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kabupaten Bateng. Menurutnya  boleh-boleh saja bila mendeklarasikan diri sebagai KLA namun harus selaras dengan apa yang terjadi di lapangan.

"Jika sudah berani mengatakan KLA, tentu kami berharap kejadian seperti ini tidak semestinya terjadi. Kalau menuju KLA okelah kita masih memaklumi artinya sedang dalam proses tapi kan selalu saja Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Bateng mengatakan kalau kita sudah KLA," ungkap Roki panggilan sehari-hari Apri Panzupi, Senin (29/06/2020)

Lebih lanjut Roki menyebutkan banyak indikator yang harus dipenuhi untuk menjadi KLA, dan ia juga mempertanyakan apa program DPPKBPPPA yang 'Membumi' untuk menunjang terkait KLA, dikarenakan ia menganggap banyak yang disampaikan kepada DPRD hanya berupa angan-angan semata.

Ia menjelaskan solusi yang harus dilakukan oleh dinas terkait adalah lebih giat melahirkan kegiatan dan program yang menyentuh dunia anak, terlebih saat ini Mendagri sudah menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah untuk membuat program yang bersifat pemberdayaan kepada ibu dan anak.

"Sudah seharusnya kita bersama-sama menciptakan kegiatan yang bersifat membumi bukan mengawang-awang sehingga ada pelibatan dari kelompok masyarakat yang terendah, seperti dari RT atau paling tidak di setiap kelurahan itu ada kegiatan tersebut," tukasnya. (her/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL