Gubernur Erzaldi Kritisi Gaya Reklamasi PT Timah yang Tidak Melibatkan Masyarakat

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengikuti webinar teknologi pengolahan lahan pasca tambang timah untuk pertanian, Selasa (30/6/20) di Ruang Vidcon Gubernur Kepulauan Babel.  (Iyaz Zi)
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengikuti webinar teknologi pengolahan lahan pasca tambang timah untuk pertanian, Selasa (30/6/20) di Ruang Vidcon Gubernur Kepulauan Babel. (Iyaz Zi)

PANGKALPINANG, wowbabel.com - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengikuti webinar teknologi pengolahan lahan pasca tambang timah untuk pertanian, Selasa (30/6/20) di Ruang Vidcon Gubernur Kepulauan Babel.

Dirinya menyambut baik webinar ini, dan berharap webinar yang bertema pengolahan lahan pasca tambang timah ini betul-betul dapat memberi manfaat dan pencerahan serta memberi solusi yang lebih baik dan mendalam, khususnya bagi Babel yang diberi kesempatan melakukan kegiatan perbaikan lingkungan akibat penambangan tima.

Gubernur Erzaldi menambahkan, bahwa di Bangka Belitung sudah sejak dua tahun ini melakukan penanaman eks lahan tambang, tapi tidak dibawah PT Timah. Lahan yang telah diserahkan di kawasan hutan produksi dengan strategi penanaman jambu mete.

"Kita sudah lakukan pengembangan mete, kita siap dengan berbagai aktivitas dari sumber bibit, tingkat kesuburan tanah, kondisi iklim mikro, hingga perawatan dan pemeliharaan, tanah pasca tambang sangat cocok untuk jambu mete ini. Mudah-mudahan dari webinar ini bisa memberi pemberdayaan masyarakat dengan benar, dan untuk pengelolaan lahan ekstambang ini bisa melibatkan masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, ungkap Gubernur, pihaknya melakukan juga pemeliharaan sapi, penggemukan sapi sehingga dengan sedikit kompos bisa dimanfaatkan tumbuhan jambu mete. Dirinya berharap mudah-mudahan dengan pandemi Corona, produktivitas jambu mete tidak terganggu, hal ini juga bisa menjadi komoditas ekspor yang diandalkan.

"Dalam hal ini ada dua hal yang dapat diambil manfaat, pertama memberdayakan masyarakat kita, kedua jambu mete bisa menjadi potensi dengan target rehabilitasi hutan, penutupan lahan ekstambang," ujarnya.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL