Pangkalpinang dan Belitung Tak Masuk Daerah Risiko Rendah Covid-19

Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

JAKARTA,www.wowbabel.com  -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengumumkan wilayah administrasi di tingkat kabupaten dan kota yang berisiko rendah. 

Sebanyak 188 wilayah dengan risiko rendah tersebut telah ditentukan berdasarkan analisis sejumlah indikator. Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung daerah berisiko rendah  yakni Kabupaten Bangka, Bangka Selatan, Bangka Barat, Bangka Tengah, dan Belitung Timur. 

Masih dua kabupaten/kota yakni Pangkalpinang dan Belitung yang masuk daerah dengan katagori risiko sedang.

"Persentase kasus sembuh untuk menghitung sudah seberapa banyak orang yang sudah terpapar COVID-19, kemudian dapat sembuh di sebuah wilayah menggunakan 15 indikator kesehatan masyarakat. Ke-15 indikator tersebut terbagi menjadi epidemiologi 11 indikator, surveilens kesehatan masyarakat 2, pelayanan kesehatan 2 dan persentase kasus sembuh 1,” ujar Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Dewi Nur Aisyah pada konferensi pers di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Kamis (25/6/2020) lalu.

Dia menambahkan semakin baik angkanya atau mendekati 100 persen, semakin tinggi penilaian yang akan dihasilkan. Setiap indikator menghasilkan penilaian yang akan menentukan kategori risiko. Pada kategorisasi risiko, Gugus Tugas Nasional telah menentukan menjadi empat zona risiko yang dideskripsikan dengan warna. Zona risiko menjelaskan tingkat risiko tinggi (merah), sedang (oranye), rendah (kuning) dan tidak ada kasus (hijau).



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL