Sejak Covid-19, Warga Miskin Kota Meningkat 7,3 Persen

Kadinsos Kota Pangkalpinang, Rika Komarina. (Hendri/wowbabel)
Kadinsos Kota Pangkalpinang, Rika Komarina. (Hendri/wowbabel)

PANGKALPINANG, wowbabel.com - Jumlah warga miskin di Kota Pangkalpinang meningkat sekitar 7,3 persen sejak pandemi Covid-19. Angka tersebut berdasarkan dari data pengajuan warga yang mengajukan di 42 Kelurahan yang diterima oleh Dinas Sosial Kota Pangkalpinang.

"Berdasarkan ajuan masyarakat ke Kelurahan naik sekitar 7,3 persen. Jadi total data lama itu awalnya sekitar 10 ribuan dari per KK. Di DTKS data angka kemiskinan kita ada sekitar 10.566 ribu-an KK bertambah menjadi 6578 KK," kata Kadinsos Kota Pangkalpinang, Rika Komarina, Selasa (30/6/2020).

Menurut Rika, awalnya jumlah warga miskin yang terdata ada sekitar 10 ribu-an KK warga miskin. Namun sejak pandemi Covid-19, terjadi penambahan sebanyak 6 ribu KK miskin yang terdampak dari berbagai sektor.

"Artinya meningkat sekitar 7,3 persen. Terjadi peningkatan, jadi ada sekitar 16 ribuan. Awalnya 10 ribuan naik menjadi 6 ribu KK miskin. Sebelumnya kita sempat turun. Ini sesuai dengan ajuan mereka yang mengajukan ke pihak kelurahan," ujar Rika.

Rika mengatakan sejauh ini pemerintah terus berupaya membangkitkan kembali ekonomi di Kota Pangkalpinang dengan membuka sejumlah akses yang diiringi dengan SOP protokol kesehatan Covid-19. Kata dia, kini berbagai akses sudah mulai bisa kembali beroperasi namun dengan SOP kesehatan Covid-19.

"Mudah-mudahan tetap seperti ini, tetapi prediksi tidak naik lagi karena akses-akses sudah mulai buka. Sudah menuju ke arah situ namun tetap dengan protokol Covid-19. Mudah-mudahan ini berjalan normal walaupun mungkin omset mereka beda. Masa pemulihan," tukasnya. (Hen/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL