Belanja ke Pasar Parit Lalang, Pembeli Wajib Gunakan Masker

Tim_Wow    •    Rabu, 01 Juli 2020 | 12:28 WIB
Ekonomi
Caption: Pedagang dan Pembeli di Pasar Parit Lalang Pangkalpinang menerapkan protokol kesehatan, Rabu (1/7/2020). (dag/wb)
Caption: Pedagang dan Pembeli di Pasar Parit Lalang Pangkalpinang menerapkan protokol kesehatan, Rabu (1/7/2020). (dag/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com – Pasar tradisional Parit Lalang menjalankan konsep Pasar Peduli. Transaksi jual beli yang berlangsung di pasar telah menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Pengurus Pasar Parit Lalang, Robuan mengatakan konsep Pasar Peduli ini meningkatkan kesadaran masyarakat yang datang ke pasar untuk menerapkan protokol kesehatan. Pihaknya, menyediakan sarana dan prasana sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan.

"Pasar Peduli menekankan munculnya kepedulian pengurus pasar, pedagang dan pembeli, untuk selalu mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan pasar dengan kunci utama adalah budaya saling mengingatkan," kata Robuan, Rabu (1/7/2020).

Dalam penerapannya, pengurus pasar melakukan pengecekan suhu tubuh serta mewajibkan pengunjung maupun pembeli mengenakan masker. Rata-rata pedagang di Pasar Parit Lalang sudah menggunakan alat pelindung muka berbahan plastik transparan dan memberikan pembatas untuk menjaga jarak aman antara pembeli dan pedagang. Tak hanya itu,  tersedia pula tempat cuci tangan dibeberapa sudut pasar.

Pengurus pasar juga tetap menyosialisasikan para pengunjung dan pedagang untuk untuk tetap menggunakan masker dan cuci tangan yang dilakukan dengan menggunakan pengeras suara.

"Pasar Parit Lalang saat ini sedang berusaha menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan konsep Pasar Peduli,"  tambahnya.

Menurut Robuan, terciptanya Pasar Peduli tak lepas dari meningakatnya kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19 dan edukasi yang terus dilakukan berbagai pihak.

"Kami berterima kasih kepada Pihak Polda Babel dan Pemda yang telah berkontribusi terciptanya Pasar Peduli, semoga dapat menciptakan kenyamanan dan keamanan di Pasar Parit Lalang Pangkalpinang bagi pembeli dan penjual disaat pandemi Covid-19 masih terjadi," jelasnya.

Salah satu pengunjung pasar, Devi mengatakan dengan diterapkannya protokol kesehatan Covid-19, membuat masyarakat menjadi lebih aman saat beraktivitas dipasar.

"Saya merasa aman dan nyaman berbelanja di Pasar Parit Lalang ini, karena pasar ini sudah menerapkan protokol kesehatan untuk menanggulangi Covid-19," ujarnya. (dag/wb)



MEDSOS WOWBABEL