Kerap Dirazia, Pengamen Tetap Membandel

Caption: Ilustrasi/IST
Caption: Ilustrasi/IST

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com--  Dinas sosial Pemerdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Pangkalpinang gencar melakukan patroli gelandang dan pengemis (Gepeng) dan pengamen jalanan di pusat kota Pangkalpinang.

Maraknya keberadaan gepeng dan pengamen jalanan terlihat di beberapa titik di lampu merah Kota Pangkalpinang. Pengamen jalanan ini diantaranya terlihat di Perempatan Simpang DKT Pangkalpinang.

 Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Pangkalpinang, Rika Komarina mengaku patroli  gepeng dan pengamen jalanan kerap dilakukan pihaknya. Para pengamen yang terjaring razia ini umumnya orang yang sama dan berasal dari beberapa daerah.

"Gepeng ini ibarat razia disini, muncul disini. Razia jam ini, muncul jam ini. Nah, kalau razia patroli kami datang mereka lari. Setelah itu besok atau malam mereka datang kembali, wajah-wajah itulah. Ini kami lagi cari solusi mau seperti apa. Mereka ada yang dari Muntok, Sungailiat," ujar Rika, Selasa (30/6/2020).

Rika menuturkan anak jalanan yang terjaring patroli dinsos, akan dilakukan pembinaan dan dikembalikan kepada orangtuanya dengan membuat surat pernyataan.

"Tapi denger dari orang tuanya tidak bisa lagi dibilang si anak ini," ujar Rika.

Menurut Rika, mengatasi persoalan ini tidak hanya dapat dilakukan dengan pembinaan atau pendekatan persuasif .  Namun harus adanya koordinasi dan sinergi dengan berbegai pihak terkait.

"Jadi ini sebenarnya bukan hanya sebatas patroli ketika tangkap lepas dan dibina tidak serta merta seperti itu, tetapi harus ada sinkronisasi atau koordinasi antar OPD terkait," tutupnya. (hen/wb) 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL