Tim Gabungan Kembali Datangi Puluhan Ponton Liar di Dusun Selindung, Muntok

Tim gabungan terdiri dari Kapolsek Muntok, Danposal Muntok, Anggota Satpol Air Polres Bangka Barat, Kepala KPHP Rambat Menduyung, Satpol PP, Polhut, dan Kepala Desa Air. (Chairul/wowbabel)
Tim gabungan terdiri dari Kapolsek Muntok, Danposal Muntok, Anggota Satpol Air Polres Bangka Barat, Kepala KPHP Rambat Menduyung, Satpol PP, Polhut, dan Kepala Desa Air. (Chairul/wowbabel)

MUNTOK, wowbabel.com - Camat Muntok dan tim gabungan melakukan peninjauan ke Pantai Dusun Selindung Desa Air Putih Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat, Rabu (01/07/2020), sekitar pukul 15.00 WIB terkait puluhan Ponton TI yang kembali beraktivitas di Pantai tersebut.

Tim gabungan terdiri dari Kapolsek Muntok, Danposal Muntok, Anggota Satpol Air Polres Bangka Barat, Kepala KPHP Rambat Menduyung, Satpol PP, Polhut, dan Kepala Desa Air.

"Memang hari ini setelah kita turun ke lapangan hanya sebagai peninjauan ternyata memang sudah melakukan aktivitas penambangan," ujar Camat Muntok Sukandi.

Camat Muntok mengatakan, langkah yang akan diambil untuk penertiban ponton tambang liar tersebut menunggu arahan petunjuk dari Bupati Bangka Barat Markus nantinya.

"Kalau informasi disini saja di Selindung ini saja ada 40 ponton belum dengan yang ada di sebelah si Babe lagi," kata Camat.

Camat menyebutkan, dari hasil pengecekan untuk penambangnya sendiri ada sebagian orang sekitar dan sebagian lagi dari luar.

"Tapi pemilik pontonnya kebanyakan bukan orang sini, kalau ini ilegal jelas tidak ada izinnya iya tambang liar ini beda dengan tanbang tambang di darat cuma di laut," terang Sukandi.

Camat menuturkan, bahwa lokasi sekitar merupakan IUP PT.Timah tapi tidak diketahui sebatas apa kerjasamanya dengan pihak PT.Timah ataukah mitra atau sebagainya belum jelas.

"Karena perizinan pun belum ada masuk di cek, artinya kita juga akan berkordinasi dengan dinas kelautan, satu pintu dengan ESDM perizinannya itu tadi," ungkap Kandi.

Kandi mengakui sempat adanya penertiban sebelumnya namun saat itu baru sebatas pembersihan kamp-kamp liar saja belum dengan menghentikan Pertambangan liarnya.



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE