DLH Bateng : Sampah Menuju Akses Danau Kaolin Tanggung Jawab Desa

Kondisi tumpukan sampah di pingir jalan menuju wisata alam Danau Kaolin desa Nibung, kabupaten Bangka Tengah. (Herdian/wowbabel)
Kondisi tumpukan sampah di pingir jalan menuju wisata alam Danau Kaolin desa Nibung, kabupaten Bangka Tengah. (Herdian/wowbabel)

KOBA, wowbabel.com - Sudah satu minggu pasca diberitakan, sampah yang berada di pinggir jalan utama menuju destinasi wisata unggulan Kabupaten Bangka Tengah, yakni Danau Kaolin masih terlihat sama dan tidak berkurang sedikitpun volume sampahnya.

Pantauan media ini di lokasi, tidak banyak perbedaan di lokasi tersebut dibandingkan sebelumnya. Sampah yang berbau tak sedap masih menumpuk, hanya saja terlihat sudah ada upaya pelarangan membuang sampah disana dengan ditutupnya akses jalan menuju lokasi tersebut, dengan batang kayu yang dibuat menyerupai pagar penghalang.

Saat dihubungi, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bateng, Rusli mengatakan, sampah tersebut sebenarnya menjadi tanggungjawab pihak desa, dan pada dasarnya ia menegaskan tidak diperbolehkan membuang sampah di lokasi tersebut.

"Seperti yang disampaikan Kades Nibung, tempat tersebut dulunya bekas lokasi Tambang Inkonvensional (TI), pernah ditutup menggunakan pasir namun tak lama ditambang lagi, mungkin dia kesal ditimbunlah dengan sampah, memang TI-nya berhenti, cuma dampaknya kan seperti ini," ujar Rusli Kamis, (2/7/2020).

Ia menambahkan, sudah berapa kali pihaknya melarang untuk tidak lagi membuang sampah di lokasi tersebut, dan kita  akan membantu membersihkan sampah disana, namun dirinya mengimbau agar jangan ada lagi yang membuang sampah disana.

"Tolong berhenti membuang sampah disitu, nanti kami akan angkut tapi jika masih buang sampah disana ya ga habis-habis nanti," terangnya.

Pihak DLH Bateng menurutnya, sudah turun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi disana dan juga berkoordinasi dengan pihak desa, dan pihaknya sedang mengatur jadwal untuk pengangkutan sampah tersebut. Ia juga meminta pihak desa untuk bersinergi bersama membantu DLH untuk mengangkut sampah semampunya dan membuang ke TPA. (her/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE