3,8 Ton Daging Beku Asal Australia Dimusnahkan

Caption: Pemusnahan Daging Sapi Beku asal Asutralia, di Balai Karantina Pertanian Kelas II A Pangkalpinang, Senin (6/7/2020). (fn/wb)
Caption: Pemusnahan Daging Sapi Beku asal Asutralia, di Balai Karantina Pertanian Kelas II A Pangkalpinang, Senin (6/7/2020). (fn/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com,– Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama instansi terkait memusnahkan 3,8 ton atau 193 koli daging beku daging sapi beku dari Australia,  di Balai Karantina Pertanian kelas II A Pangkalpinang, Senin (6/7/2020).

Daging beku ini dimusnahkan lantaran tidak dilengkapi dokumen kesehatan dari daerah asal yakni Australia . Selain itu, daging beku tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.

"Dari hasil laboratorium, kalau daging beku tersebut, ternyata juga tidak layak dikonsumsi oleh masyarakat," kata PLH Kasubdit 1 Indag, Ditreskrimsus Polda Babel, Kompol Andi Purwanto.

Andi menjelaskan, daging beku asal Australia ini diamankan tim Satgas Pangan  dari kediaman warga Ishak alias Ca’ok pada 15 April lalu. Dalam pemeriksaan tim Satgas Pangan, menemukan daging sapi beku yang berasal dari luar negeri tanpa dilengkapi dokumen yang lengkap.   

"Saat ini tersangka atas nama DN, telah melanggar undang-undang Karantina, dan Undang-undang Perdagangan, serta Undang-undang Pangan, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara, dan denda 10 Miliar rupiah," ujarnya.

Andi Purwanto menambahkan, kasus tersebut  sudah memasuki tahap I dan telah dilakukan pemeriksaan oleh kejaksaan Tinggi Babel, serta sedang di teliti kelengkapan berkas perkaranya.

"Jadi kami juga berharap kepada pelaku, agar tidak melakukan kegiatannya kembali, selain dapat membahayakan kesehatan orang lain, juga bisa merugikan konsumen," katanya.

Pihaknya, mengimbau masyarakat agar lebih teliti dan memahami perbedaan daging beku dan daging segar sebelum membeli daging sapi yang beredar di Pasar Tradisional.

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Babel,  Maladi mengatakan barang bukti daging sapi beku impor yang dimusnahkan itu diamankan dari tersangka DN warga Jalan Batin Tikal Senang Hati, kelurahan Sungailiat Kabupaten Bangka.

“Daging beku ini tidak dilengkapi sertifikat kesehatan dari tempat pengeluaran yang ditetapkan oleh pemerintah pusat bagi produk hewan,” ujarnya. (fn/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE