Dihuni 59 Tahanan, Pawas Rutin Kontrol Kondisi Rutan Polres Bangka

Dwi H Putra    •    Senin, 06 Juli 2020 | 12:18 WIB
Lokal
Caption: Petugas Piket Rutan Polres Bangka saat memeriksa tahanan yang berada di Rutan Polres Bangka, Senin (6/7/2020). (dwi/wb)
Caption: Petugas Piket Rutan Polres Bangka saat memeriksa tahanan yang berada di Rutan Polres Bangka, Senin (6/7/2020). (dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Polres Bangka memperketat keamanan terhadap tahanan  yang menghuni Rumah Tahanan (Rutan) Polres Bangka Barat dengan rutin melakukan pemeriksaan dan kontrol ke sel-sel tahanan.

Saat ini Rutan Polres Bangka menampung sebanyak 59 orang tahanan terdiri dari tahanan Sat Reskrim 10 orang, tahanan Satres Narkoba sebanyak 11 orang, tahanan titipan Jaksa sebanyak 32 orang, titipan Polsek Bakam sebanyak dua orang, titipan Polsek Sungailiat sebanyak dua orang, titipan pengadilan sebanyak satu orang dan baru diamankan satu orang.

"Tahanan terdiri dari 55 orang laki-laki dan empat perempuan, maka dari itu petugas piket harus rutin melakukan pengecekan dan patroli ke masing-masing sel tahanan yang dihuni para tahanan, demi terwujudnya situasi yang aman dan kondusif," ujar Kasat Binmas Polres Bangka, AKP Agus Widodo, Senin (6/7/2020).

Untuk mengawasi para tahanan, ada petugas yang disiagakan yakni Perwira Pengawas (Pawas) bersama dengan personil piket Sie Propam dan personil piket jaga tahanan. Petugas piket rutin melakukan pengecekan jumlah dan keadaan para tahanan yang berada di rutan Polres Bangka.

Piket Pawas berdialog dengan para tahanan yang berada di masing-masing sel tahanan, yang mana saat itu mengarahkan para tahanan agar tidak melakukan aktifitas yang dilarang.

"Kami mengimbau untuk selalu melaksanakan ibadah, memohon do'a dan ampunan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas perbuatan yang telah terjadi, juga memeriksa barang yang ada di dalam sel untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

AKP Agus mengingatkan, petugas yang melaksanakan tugas jaga di rutan Polres Bangka, agar personil yang bertugas melaksanakan tugasnya dengan baik serta selalu memonitor giat para tahanan yang ada. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE