Segini Daya Tampung PPDB SD dan SMP di Pangkalpinang

Caption: Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi. (her/wb)
Caption: Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi. (her/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com, -- Dinas Pendidikan kota Pangkalpinang mengklaim daya tampung sekolah jenjang SD dan SMP di Kota Pangkalpinang mencukupi bagi para peserta didik yang baru lulus.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi menyebutkan daya tampung Sekolah Dasar (SD) sebanyak 4500 kursi. Sedangkan daya tampung untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 3.000 kursi.  

"Daya tampung SDN sebanyak 4500 siswa. Ini Insya Allah semua terakomodir. Untuk SMP kalau pakai standar nasional pendidikan daya tampungnya sekitar 3000 siswa," jelas Eddy saat dikonfirmasi, Senin (6/7/2020).

Ia menyebutkan, saat ini di Kota Pangkalpinang  terdapat 92 sekolah jenjang SD, dengan sebaran jumlah SD Negeri sebanyak 66 sekolah,  SMP Swasta sebanyak 20 sekolah dan Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 6 sekolah.

"Jumlah siswa SD yang lulus tahun ini ada 4012. Untuk kuota secara keseluruhan mencukupi, negeri dan swasta. Sedangkan yang mendaftar sebanyak 4065 di negeri. Mungkin sekolah swasta setiap tahun siap tampung sekitar 1000 kursi," katanya.

Sementara itu, jumlah SMPN di Kota Pangkalpinang sebanyak 26 sekolah, yakni sepuluh  SMP Negeri, SMP swasta sebanyak 13 dan untuk MTS ada 3 sekolah.

Disinggung bagaimana solusi bagi siswa yang belum tertampung saat ini, Eddy menyebutkan akan mencari solusi dengan menambah jumlah kuota peserta didik itu.

"Menambah jumlah," ujar dia singkat.

Eddy menyebutkan, usia minimal jalur zonasi untuk masuk SD yaitu minimal 6 tahun. Kata Eddy, untuk SMP tidak ada usia hanya zonasi dengan surat keterangan lulus SD.

"Untuk zonasi sekarang kita hitung dua jalur, ada jalur wilayah perbatasan sungai dan plus nambah per kelurahan. Ada zona kelurahan tempat tinggal, dan kita juga menyadari ada Kelurahan dan Kecamatan yang tidak ada sekolahnya. Itu kita akan kita cari solusi," ujar Eddy.

Info pengumuman peserta didik secara resmi akan diumumkan hari ini pada 6 Juli 2020, melalui sistem atau online di web PPDB. Untuk pendapat ulang dimulai besok, 7 Juli 2020.

"Itu bisa tandatangan secara barcode. Untuk pendaftaran ulang tanggal 7 sampai tanggal 9 Juli 2020. Saya sampaikan mungkin yang tertampung dan tidak terinformasikan, silahkan menginformasikan kepada kami di dinas" tutup Eddy. (her/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE